PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA

NURHAYATI, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURHAYATI_59461174_OK.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar dikelas biasanya memiliki kendala dalam mengembangkan potensi belajar siswa, pembelajaran cenderung bersifat teacher centered. Oleh karena itu perlu diuapayakan suatu model pembelajaran yang dapat memperbaiki permasalahan pada siswa, yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Model pembelajaran gabungan dari dua hal yaitu belajar dengan kemampuan individu dan belajar kelompok sehingga siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas siswa saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, dan mengkaji respon siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di kelas X SMAN 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sumberjaya yang berjumlah 116 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas X.1 (kelas eksperimen) berjumlah 30 siswa, kelas X.2 (kelas kontrol) berjumlah 28 siswa. Instrument yang digunakan yaitu tes, lembar observasi, dan angket. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif yaitu uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t, Hasil penelitian observasi pada setiap pertemuan meningkat, nilai untuk interpretasi sedang sebesar 48,33% dan interpretasi tinggi sebesar 51,67 %. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu diperoleh N-gain 0,60, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh N-gain 0,40, berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji t dengan menggunakan uji SPSS V.16 menunjukkan nilai sig (2-tailed) <0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan dengan rata-rata 84,2%, termasuk kriteria sangat kuat, artinya banyak siswa yang tertarik terhadap model yang digunakan oleh peneliti Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada setiap pertemuan meningkat. Terdapat peningakatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dilihat dari analisis uji t. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan adalah sangat kuat. Kata kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:43
Last Modified: 04 Apr 2017 06:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item