NUR ISNAENI, (2013) HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS XI IPA MA SALAFIYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NUR ISNAENI_59461173_ok-min.pdf Download (510kB) | Preview |
Abstract
NUR ISNAENI: "Hubungan Sikap Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Biologi dengan Motivasi Belajar di Kelas XI IPA MA Salafiyah Kabupaten Cirebon Layanan pendidikan yang baik dan bermutu dapat menentukan rendah atau tingginya perolehan hasil belajar siswa, guru merupakan komponen pendidikan yang memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan meksimal kepada siswanya. guru dituntut memiliki kompetensi profesonal yaitu kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan materi pembelajaran yang diampu secara luas dan mendalam. Pada dasarnya kompetensi profesional guru dapat tercermin dalam proses pembelajaran, dalam hal ini kemampuannya dalam menciptakan dan merancang program pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan inovatif, yang pada akhirnya dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu, siswa akan dapat merespon atau menentukan sikap pada kompetensi yang tercermin pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh seberapa besar siswa memiliki keinginan yang kuat untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Keinginan yang kuat serta keterlibatan aktif dalam proses belajar menunjukkan kadar atau kondisi motivasi belajar yang dimiliki siswa. Dengan demikian disadari atau tidak, terdapat hubungan antara sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru biologi dengan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru biologi dengan motivasi belajar di kelas XI IPA MA Salafiyah Bode Plumbon. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan dan pernyataan kepada siswa mengenai kompetensi profesional guru biologi dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Prosedur pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri dengan melakukan wawancara dan penyebaran angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA MA Salafiyah Bode Plumbon yang dianggap sudah dapat menentukan sikap. Hasil penelitian ini menunjukan sikap siswa terhadap kompetensi profesioal guru biologi sebanyak 23 siswa menjawab kuat dan selebihnya sangat kuat. Demikian juga terhadap hasil mengenai motivasi belajar yaitu sebanyak 19 siswa memiliki motivasi belajar yang kuat dan selebihnya sangat kuat. Perhitungan koefisien korelasi Kendall's tau yang didapat sebesar 0,401 termasuk ke dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa guru terdapat hubungan sedanag antara sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru biologi dengan motivasi belajar. Selebihnya motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Kompetensi profesional, Motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 07:08 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 07:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1608 |
Actions (login required)
View Item |