MUHAMMAD KOHARUDIN, (2013) ANALISIS PROFIL GURU BIOLOGI PADA POLA KETERAMPILAN MENJELASKAN DI SMP NEGERI 1 PALIMANAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MUHAMMAD KOHARUDIN_OK-min.pdf Download (708kB) | Preview |
Abstract
MUHAMMAD KOHARUDIN : “Analisis Profil Guru Biologi Pada Pola Keterampilan Menjelaskan di SMP Negeri 1 Palimanan”. Keterampilan menjelaskan guru merupakan suatu aspek penting yang harus dimiliki guru, mengingat sebagian besar pembelajaran menuntut guru untuk memberikan penjelasan. Oleh karena itu keterampilan menjelaskan perlu ditingkatkan agar dapat mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil seorang guru Biologi berdasarkan kemampuannya dalam menyampaikan materi dan memberikan pemahaman kepada siswa. Keterampilan dasar mengajar menjelaskan dalam pembelajaran ialah keterampilan menyajikan informasi secara lisan yang diorganisasi secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan antara satu bagian dengan lainnya, misalnya antara sebab dan akibat, definisi dengan contoh atau dengan sesuatu yang belum diketahui. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode Kualitatif Deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang guru biologi. Data utama yang diperoleh berupa rekaman audio visual, diubah kedalam bentuk teks atau transkripsi untuk dapat dianalisis berdasarkan model observasi VICS, penyajian motif dan level penyajian konsep. Hasil penelitian ini menunjukan pola keterampilan guru biologi berdasarkan VICS menunjukkan interaksi lebih dominan pada wilayah C dan K artinya lebih dominan pada interaksi tanya jawab singkat antara guru dengan siswa, disini juga terlihat pola menjelaskan guru menggunakan pola induktif. Sementara itu, hasil analisis pola keterampilan menjelaskan berdasarkan penyajian motif menunjukan bahwa motif yang dominan setiap pertemuan adalah motif eliciting yaitu sebesar 45-49%. Hal tersebut mengungkapkan bahwa dalam pengajarannya guru lebih banyak menggali kemampuan siswa. Kemudian analisis pola keterampilan menjelaskan berdasarkan level pencapaian konsep, menunjukan bahwa guru dalam pengajarannya masih sekitar 20% mengoptimalisasi kemampuan berfikir tingkat tinggi yaitu dengan pencapaian level classificatory dan level formal. Kesimpulan penelitian adalah pola cara pengajaran guru menggunakan pola induktif dalam menjelaskan. Kata kunci: Profil guru, VICS, Keterampilan Menjelaskan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 07:25 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 01:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
View Item |