MUHAMAD ARIFIN, (2013) PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK KELAS XI IPA 1 MAN BUNTET PESANTREN CIREBON SKRIPSI MUHAMAD ARIFIN NIM. 58461271. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MUHAMAD ARIFIN_58461271_ok-min.pdf Download (481kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang melibatkan guru sebagai pengajar ataupun pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Hubungan timbal balik antara guru dengan peserta didik akan berjalan dengan baik dan kondusif apabila guru dapat menyampaikan materi dengan metode atau strategi pembelajaran yang tidak membosankan dan dapat membuat siswa menjadi lebih aktif di kelas. Di MAN Buntet Pesantren Cirebon tampak bahwa kegiatan belajar mengajar kurang mengaktifkan siswa. Berbagai permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah ini, terlebih di kelas XI dengan permasalahan yang ada antara lain prestasi belajar yang rendah, siwa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi Group To Group Exchange Kelas XI IPA 1 MAN Buntet Pesantren Cirebon pada materi sistem gerak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai November 2012 di MAN Buntet Pesantren, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon pada Tahun Ajaran 2012-2013. Jumlah siswa di Kelas XI IPA 1 MAN Buntet Pesantren Cirebon adalah 38 siswa yang terdiri dari laki-laki 10 siswa, perempuan 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari penelitian ini dihasilkan peningkatan jumlah siswa yang aktif berdasarkan hasil observasi sebesar 22 (kurang berminat) pada siklus I, 32 (Cukup berminat) pada siklus II dan 40 (Berminat) pada siklus III. Meningkatnya keaktifan siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar juga berpengaruh pada pemahaman siswa pada materi sistem gerak. Selain itu hasil belajar siswa meningkat dari observasi awal dengan jumlah tuntas belajar klasikal sebesar 42.10 % pada siklus I, 89.47% pada siklus II dan 100% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Group to Group Exchange pada konsep sistem gerak dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 07:43 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 07:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1618 |
Actions (login required)
View Item |