PENERAPAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS INQUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII DI MTs N CILEDUG KABUPATEN CIREBON

MUFTIHATUN INAYAH, (2013) PENERAPAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS INQUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII DI MTs N CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUFTIHATUN INAYAH_59461196_OK.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari peserta yang senantiasa masih memprihatinkan. Terutama dalam pembelajaran IPA di sekolah-sekolah yang masih monoton yaitu dengan mengandalkan LKS saja selain itu juga kurangnya kreativitas seorang guru dalam memberikan pembelajaran, hal ini dapat mengakibatkan siswa menjadi jenuh dan kurangnya bersemangat dalam belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengurangi kejenuhan belajar pada siswa adalah dengan mengembangkan bahan ajar kedalam berbagai bentuk bahan ajar. Oleh karena itu, disini peneliti akan menggunakan modul yang berbasis inquiri sebagai proses belajar mengajar khususnya pada pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis penerapan bahan ajar modul berbasis inquiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem 2) menganalisis hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis inquiry dengan yang tidak menggunakan modul berbasis inquiry pada pokok bahasan ekosistem 3) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis inquiry dengan yang tidak menggunakan modul berbasis inquiry pada pokok bahasan ekosistem 4) menganalisis respons siswa terhadap adanya modul berbasis inquiri. Dengan demikian dengan adanya modul yang berbasis inquiri ini siswa diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi hasil dari menemukan sendiri. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah 414 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-D dan VII-E dengan jumlah 30 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Independent- Sample T Test dengan menggunakan SPSS V.16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedan antara kelas yang menerapkan modul berbasis inquiri meningkat pesat dengan nilai rata-rata gain keseluruhan sebesar 0,5, sedangkan yang tidak menerapkan modul berbasis inquiri pada pokok bahasan ekosistem hanya terdapat peningkatan sedikit dengan nilai gain sebesar 0.2. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan pada kelas yang menerapkan modul berbasis inquiry di MTs N Ciledug. Hasil uji Independent-Sampel T Test menunjukan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa di antara kelas yang diterapkan modul berbasis inquiry dengan kelas yang tidak diterapkan modul berbasis inquiry Kata Kunci : Bahan Ajar Modul, Pembelajaran Inquiry

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:48
Last Modified: 23 Aug 2021 15:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item