PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH (TPR) YANG DIBAHAS DAN DIKEMBALIKAN DENGAN TPR YANG TIDAK DIBAHAS DAN DIKEMBALIKAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS VIII MTs NU ASTANAJAPURA

MOCHAMMAD KHAERUL DHAHABUDIN, (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH (TPR) YANG DIBAHAS DAN DIKEMBALIKAN DENGAN TPR YANG TIDAK DIBAHAS DAN DIKEMBALIKAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS VIII MTs NU ASTANAJAPURA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MOCHAMMAD KHAERUL DHAHABUDIN_07460865_ok-min.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Untuk mengukur penguasaan siswa dalam belajar salah satu tingkah laku yang dapat dinilai secara langsung adalah jawaban yang diberikan dalam suatu tes. Dalam ilmu pengetahuan alam (IPA) menemukan jawaban sangat penting, karena proses itu akan nampak alasan logis yang digunakan dalam mengemukakan argumen siswa dalam memberikan jawabannya. Banyak waktu yang dibutuhkan dalam menyajikan materi sehingga sedikit sekali waktu yang digunakan oleh siswa untuk evaluasi. Oleh karena itu salah satu cara untuk memperbaiki pengetahuan, pengertian, dan kemampuan menggunakan keterampilan IPA melalui TPR. Berdasarkan informasi dari beberapa guru serta dari beberapa siswa di tempat yang akan diteliti mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan pemberian tugas pekerjaan rumah terkadang guru tidak membahasnya kembali namun Cuma menilai tugas siswa tersebut sehingga siswa kesulitan memahami materi dari yang telah ia dapat sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diberi tugas pekerjaaan rumah (TPR) yang dibahas. Mengetahui hasil belajar siswa yang diberi tugas pekerjaan rumah (TPR) yang tidak dibahas. Mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pemberian TPR yang dibahas dengan pemberian TPR yang tidak dibahas pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia. Dan mengetahui respon siswa terhadap hasil belajar pemberian TPR yang dibahas dan pemberian TPR yang tidak dibahas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metodenya eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU Astanajapura dengan sampel 2 kelas yaitu kelas VIII A (eskperimen 1) dan VIII B (eksperimen 2). Untuk teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diberi TPR yang dibahas yaitu terdapat peningkatan dari pre test ke post test dari 54,56 menjadi 81,84. Hasil belajar siswa yang diberi TPR yang tidak dibahas yaitu terdapat peningkatan dari pre test ke post test dari 54,04 menjadi 76,05. Sedangkan untuk hasil penyebaran angket pemberian TPR yang dibahas dan pemberian TPR yang tidak dibahas berkategori cukup karena hasilnya terdapat pada rentang 40%-60%. Hal ini terlihat dari hasil prosentase rata-rata jawaban yang telah disebarkan pada 38 responden terhadap siswa yang diberi TPR yang dibahas pada pernyataan positif mayoritas siswa menjawab setuju 49,04% dan pernyataan negatif mayoritas menjawab tidak setuju 57,89%. Sedangkan terhadap siswa yang diberi TPR yang tidak dibahas pada pernyataan positif mayoritas siswa menjawab setuju 52,87% dan pernyataan negatif mayoritas menjawab tidak setuju 49,34%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:56
Last Modified: 04 Apr 2017 07:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item