PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X DI MAN 2 CIREBON

MAYA SITI MAEMUNAH, (2013) PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X DI MAN 2 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MAYA SITI MAEMUNAH_59461194_OK-min.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di MAN 2 didapatkan hasil bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Biologi belum sepenuhnya mengembangkan kreativitas yang dimiliki siswa padahal kreativitas adalah salah satu hasil belajar dalam kecakapan kognitif, sehingga untuk menjadi kreatif dapat dipelajari melalui proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa adalah model sains teknologi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan model STM (2) perbedaan peningkatan kreativitas siswa yang pada saat pembelajaran menerapkan model STM dengan yang pada saat pembelajaran tidak menerapkan model STM (3) respon siswa terhadap model STM. Model STM dalam penelitian ini terdiri dari tahap invintasi, pembentukan konsep, aplikasi konsep, pemantapan konsep, evaluasi. Kreativitas yang diungkap dalam penelitian ini meliputi fluency, fleksibelity, originality, elaborasi, sensitivity. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan postest), observasi, pembuatan produk daur ulang limbah dan angket. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara random dari 7 kelas, hasilnya adalah siswa kelas X.F sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas X.C sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model STM terdiri dari lima tahapan yaitu tahap invintasi, pembentukan konsep, penerapan konsep, pemantapan konsep dan evaluasi. (2) Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan peningkatan kreativitas antara siswa yang menerapkan model STM dengan yang tidak menerapkan model STM, yaitu diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa yang menerapkan model STM lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menerapkan model STM pada saat pembelajaran. (3) Berdasarkan hasil analisis angket, respon siswa terhadap penerapan model STM sebagian besar termasuk dalam kategori kuat yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 80% dengan rentang 60%-80%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model STM pada materi pencemaran lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada penerapan model STM dapat meningkatkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, guru disarankan dapat mencoba untuk menerapkan model STM pada materi lain yang lain supaya kreativitas siswa dapat terasah dengan baik. Kata Kunci : Model Sains Teknologi Masyarakat, Kreativitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:06
Last Modified: 04 Apr 2017 08:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item