PENGGGUNAAN ALAT PERAGA VIRUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH RABITHATUL ULUM KRANGKENG INDRAMAYU

M. ALI ROSYIDIN, (2013) PENGGGUNAAN ALAT PERAGA VIRUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH RABITHATUL ULUM KRANGKENG INDRAMAYU. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
M. ALI ROSYIDIN_07460819_ok-min.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

M. ALI ROSYIDIN : Pengggunaan Alat Peraga Virus Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas X Madrasah Aliayah Rabithatul Ulum Krangkeng Indramayu. Kegiatan pembelajaran Biologi di sekolah dewasa ini kurang menunjang terhadap keterampilan dan kreativitas siswa yang sekiranya dapat memotivasi belajarnya sehingga hasil belajar pun meningkat dengan baik., namun salah satu penyebabnya adalah guru dalam proses belajar mengajar sudah terbiasa hanya memberikan teorinya saja tanpa membekali mereka dengan berbagai berbagai metode belajar yang dapat memberikan memotivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan motivasi belajar siswa melalui pengggunaan alat peraga virus pada sub pokok bahasan virus. Mengetahui sejauhmana motivasi belajar siswa dengan pengggunaan alat peraga virus. Mengkaji seberapa besar pengaruh pengggunaan alat peraga virus dengan motivasi belajar siswa dari angket untuk kelas eksperimen dalam penelitian Pembelajaran Biologi harus dibekali dengan keterampilan yang dapat diterapkan pada saat pelaksanaan proses pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar agar PBM lebih meningkatkan hasil belajarnya. Sehingga dengan pengggunaan alat peraga virus dapat mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki pada anak sesuai dengan taraf kemampuannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metodenya eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Rabitatul Ulum (kelas eksperimen). Untuk teknis analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan Uji Normalitas , Uji Homogenitas, Uji Regresi, Uji Gain dan Uji Hipotesis. Sedangkan untuk angket respon siswa adalah dengan menggunakan rumus Produk Moment Pearson dengan pengukuran skala prosentase. Pembelajaran menggunakan alat peraga virus berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari data didapat nilai uji t dengan t hitung adalah = 9,191 sedangkan t tabel sebesar = 1,993 dan nilai signifikannya didapat 0,000 (< 0,05) pengaruh tersebut dapat dituliskan dalam bentuk persamaan regresi linier Y = 26,129 + 0,615 X. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga virus dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:14
Last Modified: 04 Apr 2017 08:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item