LULU’ MAJIYAH, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTs SALAFIYAH BODE. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
LULU' MAJIYAH_58461226_ok-min.pdf Download (507kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Biologi yang dilaksanakan di MTs Salafiyah Bode diperoleh gambaran bahwa guru lebih dominan menggunakan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna dalam pembelajarannya. Pembelajaran demikian kurang memberikan ruang kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa diberi kesempatan untuk tahu dan terlibat secara aktif dalam menemukan konsep dari fakta-fakta yang dilihat dari lingkungan dengan bantuan guru. Pembelajaran praktikum memungkinkan siswa untuk terlibat belajar secara aktif untuk menemukan sendiri konsep dari fakta-fakta yang dilihat dari lingkungan yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pembelajaran praktikum pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan; (2) untuk mengetahui seberapa besar keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan; (3) untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara yang menggunakan pembelajaran praktikum dengan yang tidak mennggunakan pembelajaran praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan; (4) untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran praktikum pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 183 siswa kelas VII MTs Salafiyah Bode. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36. Setelah data diperoleh dianalisis, menggunakan persentase, tes, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari observasi diperoleh disetiap pertemuan siswa mengalami peningkatan yang baik dalam proses belajarnya dilihat disetiap pada pertemuan pertama 42.68, pertemuan kedua 60.66, pertemuan ketiga 85.34. Keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran praktikum dilihat dari rata-rata pretest 53.03 dan posttest 64.97 dan perbandingan persentase pada tiap sub indikator mengalami kenaikan yaitu 17% pada sub indikator mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi. Terdapat perbedaan yang signifikan 0,00 dengan probability < 0,05 sehingga dapat dikatakan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran praktikum untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil dari rekapitulasi angket mendapatkan respon yang baik dan positif hal ini terlihat dari respon siswa 42,22% siswa menyatakan setuju (S).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 08:50 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1631 |
Actions (login required)
View Item |