PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 KASOKANDEL KABUPATEN MAJALENGKA

LIA LAELATUL SHOLIHATH, (2013) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 KASOKANDEL KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LIA LAELATUL SHOLIHATH_59461271_ok-min.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari siswa dan guru dalam proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model yang dapat melibatkan seluruh siswa mulai perencanaan sampai akhir, sehingga dapat membuat perubahan pada siswa baik dari segi kognitif maupun segi afektif. Salah satu model yang tepat adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan model pembelajaran group investigation pada konsep pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka, mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan yang tidak menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan model pembelajaran group investigation, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan model pembelajaran group investigation. Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kasokandel ini menggunakan metode eksperimen, dengan sampel yang terdiri dari kelas VII A dan kelas VII B dengan jumlah sebanyak 64 siswa. Kelas VII A adalah sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII B adalah sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan mneggunakan software SPSS v.16 meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan model group investigation terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat dengan kategori baik, kemudian Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan model group investigation dan kelas yang tidak menggunakan model group investigation dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan model group investigation mendapat respon yang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:23
Last Modified: 04 Apr 2017 08:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item