LAELA NURMILASARI, (2013) PENGARUH KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
LAELA NURMILASARI59461193_OK-min.pdf Download (751kB) | Preview |
Abstract
Biologi pada hakekatnya terdiri dari produk dan proses. Pembelajaran biologi baik di sekolah maupun di perguran tinggi tidak cukup hanya teori saja, tetapi diperlukan juga kegiatan praktikum. Praktikum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran sains yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan pembuktian atau observasi objek nyata berkaitan dengan konsep atau teori. Melalui praktikum, secara tidak langsung dapat mengasah keterampilan generik siswa, karena pada dasarnya pada saat praktikum siswa diminta untuk terampil dalam melaksanakan tiap-tiap prosedur dalam praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengkaji pengaruh kegiatan pembelajaran biologi berbasis praktikum terhadap peningkatan keterampilan generik siswa, 2) Menganalisis peningkatan keterampilan generik siswa melalui penerapan pembelajaran biologi berbasis praktikum, 3) Mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis praktikum. Dengan demikian siswa diharapkan dapat lebih kreatif untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan pada saat praktikum guna mengasah keterampilan generik mereka agar dapat meningkat pada akhirnya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan one group pretestposttest design, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah 384 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-A dengan jumlah 38 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon, Anova, dan uji Tukey dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan generik siswa meningkat setelah diterapkannya pembelajaran biologi berbasis praktikum, dengan nilai rata-rata gain keseluruhan sebesar 0,67, artinya terdapat peningkatan keterampilan generik siswa melalui kegiatan pembelajaran biologi berbasis praktikum pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan di SMP Negeri 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Hasil uji Anova menunjukan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa di antara kelompok atas, bawah, dan tengah. Hasil uji lanjut dengan uji Tukey terhadap peningkatan keterampilan generik siswa dengan penerapan pembelajaran biologi berbasis praktikum lebih cocok untuk kelompok atas dan kelompok tengah. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran biologi berbasis praktikum dikategorikan sangat kuat, artinya banyak yang menyukai pembelajaran biologi berbasis praktikum. Kesimpulan dari penelitian ini bila dilihat dari nilai hasil posttest keseluruhan siswa kelas VIII-A melebihi nilai KKM yang berarti tuntas, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran biologi berbasis praktikum sangat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan generik siswa. Terdapat peningkatan keterampilan generik siswa berdasarkan kenaikan nilai rata-rata sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest) yaitu sebesar 8,39. Berdasarkan uji non parametrik Wilcoxon (α = 0,05) Ho ditolak, artinya terdapat peningkatan keterampilan generik siswa pada kegiatan pembelajaran biologi berbasis praktikum. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran biologi berbasis praktikum dalam meningkatkan keterampilan generik siswa dikategorikan sangat kuat, artinya banyak yang menyukai pembelajaran biologi berbasis praktikum. Kata Kunci : pembelajaran praktikum, keterampilan generik siswa, gerak pada tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 08:32 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 08:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1637 |
Actions (login required)
View Item |