KHAIRUL AZIZ, (2013) ANALISIS KUALITAS ISI LKS MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER I TINGKAT SMA DI KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
KHAIRUL AZIZ_59461168_OK-min.pdf Download (679kB) | Preview |
Abstract
Sebagaimana diungkap dalam Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar (Diknas, 2004), lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaranlembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Dan, tugas tersebut haruslah jelas kompetensi dasar yang akan dicapai (Prastowo. 2011: 203). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas LKS IPA Biologi terbitan “A” Karangan “X” kelas X Semester I dilihat dari segi ketepatan konsepnya, kesesuaian isi LKS dengan kurikulum, tingkat keterbacaan isi LKS, jenjang kognitif soal-soal, dan kualitas ejaan isi LKS. LKS merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara siswa dengan guru, sehingga dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam peningkatan prestasi belajar Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, maksudnya hasil analisis kualitas isi LKS Biologi ini dibahas dalam bentuk pemaparan, kemudian dibuat kesimpulan untuk mendeskripsikan kualitas LKS Biologi kelas X semester I. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: Dari 71 konsep, ketepatan konsep ditemukan 52% konsep memadai dan 48% konsep berpotensi miskonsepsi. Relevansi indikator dari 17 indikator terdapat 71% indikator yang terakomodasi dalam LKS melalui penyampaian materi atau tugas siswa dan 29% indikator tidak terakomodasi, karena tidak terdapat dalam materi atau tugas. Tingkat keterbacaan isi LKS kurang sesuai bagi siswa berusia 16 tahun dengan rata-rata jumlah kata yang memiliki ≥ 3 suku kata adalah 146. Kesalahan penggunaan ejaan yang terdeteksi ada tiga macam, yang meliputi: ketikan, pemenggalan suku kata dan penggunaan huruf kapital yang masing-masing besarnya 39%, 19% dan 42%. Jadi, kesalahan pengunaan ejaan yang terbanyak terdapat pada kesalahan penggunaan huruf kapital (A3). LKS Biologi terbitan “A” memiliki jenjang soal latihan berdasarkan muatan kognitif yang belum proporsional. Pada penelitian ini disimpulkan, bahwa LKS Biologi terbitan “A” dapat digunakan oleh siswa SMA kelas X dikarenakan 3 dari 5 indikator yang digunakan untuk meneliti LKS cukup memadai, namun masih harus ada perbaikan yang dilakukan agar LKS lebih layak digunakan. Kata Kunci : LKS, Bahan Ajar, Analisis Kurikulum, Kualitas LKS
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 08:36 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 08:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1639 |
Actions (login required)
View Item |