IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RELIGIUS DI DALAM KTSP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI SMAN 1 SUMBER

IRA CINDRIANA, (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RELIGIUS DI DALAM KTSP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI SMAN 1 SUMBER. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
IRA CINDRIANA_OK-min.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu rangkaian proses kegiatan yang dilakukan secara sadar, berencana, sistematik, berkesinambungan, terpola, dan terstruktur terhadap anak didik dalam rangka membentuk para peserta didik menjadi seorang insan yang berkualitas baik secara intelektual maupun moral spiritual. Salah satu upaya mewujudkan kurikulum bercirikan keagamaan, maka perlu diberlakukannya pendidikan nilai/akhlak sebagai proses internalisasi nilai untuk menghasilkan peningkatan kualitas keimanan, moralitas, dan akhlak mulia. Pembelajaran biologi berbasis religius dapat melahirkan pemikiran yang kritis pada siswa dan memudahkan guru dalam penyajian pengalaman belajar yang sejalan dengan prinsip belajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran biologi berbasis religius di dalam KTSP pada konsep sistem pernapasan manusia, 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem pernapasan manusia dengan mengimplementasikan pembelajaran biologi berbasis religius di dalam KTSP, 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi pembelajaran biologi berbasis religius di dalam KTSP pada konsep sistem pernapasan manusia. Dengan demikian, dengan adanya pembelajaran biologi berbasis religius di dalam KTSP ini siswa diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda, dan angket. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI dengan jumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 3 dengan jumlah 32 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Independent- Sample T Test dengan menggunakan SPSS V.16.0. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil pretest postest dan N-Gain. Nilai N-Gain dikelas eksperimen (0,73) lebih besar dibandingkan nilai N-Gain kelas kontrol (0,49). Setelah analisis data, sebaran data normal dan homogen, maka untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample Test, Hasil uji Independent SampleTest menunjukan Sig. (2-tailed ) 0.00 berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi yang mengimplementasikan pembelajaran biologi berbasis religius di dalam KTSP. Respon siswa terhadap implementasi pembelajaran biologi berbasis religius di dalam KTSP termasuk ke dalam kriteria sangat kuat dan kuat maka dengan demikian siswa memberikan respon yang sangat positif. Kata Kunci : KTSP, Religius, Keterampilan Berpikir Kritis

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:42
Last Modified: 04 Apr 2017 08:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item