Ananda Nurmeiliandi Firdus, (2025) Pengaruh Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2019-2023. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108205028_1_cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2108205028_2_bab1.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
2108205028_6_bab5.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
2108205028_7_dafpus.pdf Download (260kB) |
Abstract
a sektor manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), khususnya selama periode 2019-2023 yang dipengaruhi oleh ketidakpastian ekonomi akibat pandemi Covid-19. Penurunan laba beberapa perusahaan besar seperti PT Unilever Indonesia Tbk dan PT Mayora Indah Tbk memunculkan pertanyaan mengenai faktor-faktor yang dapat memengaruhi nilai perusahaan, termasuk profitabilitas dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Profitabilitas dan CSR terhadap nilai perusahaan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di BEI selama periode 2019–2023. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 7 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, profitabilitas yang diukur dengan Return on Assets (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Price to Book Value (PBV). Dan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, profitabilitas dan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kinerja keuangan perusahaan memiliki peran penting dalam meningkatkan nilai perusahaan di mata investor, dan pengungkapan CSR memberikan dampak signifikan terhadap persepsi pasar. Kata Kunci: Profitabilitas, Corporate Social Responsibilit
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:41 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 06:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |