IMA ROSMAYANTI, (2013) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
IMA ROSMAYANTI_59461239_OK-min.pdf Download (678kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran tentunya memerlukan suasana yang kondusif, agar materi yang disampaikan oleh guru dapat dimengerti siswa. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran hanya datang, mengikuti ceramah, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang diberikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu, salah satunya adalah dengan diterapkannya suatu model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa, sejauh mana perbedaan prestasi belajar siswa secara signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Mencari Pasangan (Make A Match) dan bagaimana respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Mencari Pasangan (Make A Match) pada konsep sistem ekskresi pada manusia di kelas XI SMAN 1 Rajagaluh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengukuran tes dan angket yang dianalisis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rajagaluh, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, yakni kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2, untuk uji analisis menggunakan anates dan SPSS 16.0. Dari hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa kelas eksperimen 1 dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dengan nilai N-Gain 0,76 daripada kelas eksperimen 2 dengan diterapkannya model pembelajaran Mencari Pasangan (Make A Match) dengan nilai N-Gain 0,68 pada konsep sistem ekskresi pada manusia, dan perbedaannya terlihat jelas bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen 1 lebih baik dari kelas eksperimen 2 dari selisih sebesar 0,08. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perbandingan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di kelas eksperimen 1 dan model pembelajaran Mencari Pasangan (Make A Match) di kelas eksperimen 2 pada konsep sistem ekskresi pada manusia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), model pembelajaran Mencari Pasangan (Make A Match), prestasi belajar dan sistem ekskresi pada manusia.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 08:45 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 08:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1643 |
Actions (login required)
View Item |