Ahmad Zahy Raif, (2025) STRATEGI KOMUNIKASI USTAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ DARUSALAM KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2008302187_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008302187_2_bab1.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
2008302187_6_bab5.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
2008302187_7_dafpus.pdf Download (516kB) |
Abstract
Strategi komunikasi ustad dalam meningkatkan kemampuan membaca Al�Qur’an santri di TPQ Darussalam Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya strategi komunikasi yang menghubungkan komunikasi efektif antara ustad dan santri dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, terutama dalam penerapan metode iqra yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah pada strategi komunikasi yang digunakan ustad, metode iqra, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi tersebut, serta efektivitas strategi dan komunikasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al�Qur’an santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh ustad, mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan strategi tersebut, serta mengetahui hasil dari suatu strategi komunikasi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan ustad meliputi pendekatan interpersonal, pemanfaatan metode Iqra, serta penggunaan komunikasi efektif untuk meningkatkan motivasi santri. Faktor pendukung strategi ini meliputi keterlibatan orang tua, lingkungan belajar yang kondusif, dan metode pengajaran yang interaktif. Namun, terdapat hambatan seperti kurangnya konsentrasi santri, keterbatasan fasilitas pembelajaran, dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah. Kesimpulannya, strategi komunikasi yang efektif berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Darussalam. Rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini mencakup peningkatan fasilitas pembelajaran, penguatan komunikasi dengan orang tua, serta pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di TPQ.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 07:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |