PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLAS 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs Al-Ma’rifah Gempol)

Rosidah, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLAS 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs Al-Ma’rifah Gempol). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ROSIDAH_58451130_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rosidah (58451130): “PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs Al- Ma’rifah Gempol)” Matematika sebagai ilmu dasar segala bidang ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting untuk kita ketahui. Oleh sebab itu, dari mulai usia pendidikan dini (PAUD), Sekolah Dasar, sampai Perguruan Tinggi selalu melibatkan matematika pada mata pelajaran wajib. Namun, tak sedikit dari kita yang sama sekali belum tahu tentang konsep-konsep matematika khususnya segitiga. Banyak media pembelajaran yang dapat memanipulasi konsep segitiga salah satunya software macromedia flash 8, diharapkan software ini dapat mengakomodasi semua kegiatan pembelajaran aktif, dan siswapun dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian, peneliti hendak meneliti apakah terdapat pengaruh penggunaan macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII MTs Al-Ma’rifah Gempol. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar respon peserta didik terhadap penggunaan macromedia flash 8 dalam pembelajaran matematika, seberapa besar hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan macromedia flash 8 dan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh penggunaan macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII MTs Al-ma’rifah Gempol Kabupaten Cirebon . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ma’rifah Gempol Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 189 siswa terbagi menjadi 5 kelas. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu teknik sampling yang dilakukan dengan pengambilan sampel secara acak berdasarkan kelas, dari populasi tersebut diperoleh sampel penelitian 1 kelas yaitu kelas VII A yang terdiri dari 38 siswa. Variabel independent dalam penelitian ini yaitu penggunaan macromedia flash 8 yang diukur dengan angket dan variabel dependent yaitu hasil belajar siswa yang diukur dengan tes pilihan ganda. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Pada umumnya siswa menyatakan setuju pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8, hal ini berdasarkan 5 aspek penilaian, yaitu aspek kualitas isi = 84%, kualitas tujuan = 86%, kualitas desain = 88%, kualitas teknis = 87% dan kualitas proses = 89%. Sedangkan rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan macromedia flash 8 = 44,04 dan sesudah menggunakan macromedia flash 8 = 60,79. Berdasarkan hasil analisis regresi, didapat Pvalue untuk uji F adalah sebesar 0,000 dengan α sebesar 0,05, yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika materi segitiga. Kata Kunci: Macromedia Flash 8, hasil belajar, segitiga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:12
Last Modified: 26 Aug 2021 00:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item View Item