PENGARUH ALAT PERAGA JAM ANALOG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK PEMBAHASAN SUDUT PADA SISWA KELAS III MI MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON

Rosliani Sri Nuramanah, (2013) PENGARUH ALAT PERAGA JAM ANALOG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK PEMBAHASAN SUDUT PADA SISWA KELAS III MI MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ROSLIANI SRI NURAMANAH_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rosliani Sri Nuramanah, 2013 “Pengaruh Alat Peraga Jam Analog terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Pembahasan Sudut pada Siswa Kelas III MI Madinatunnjah Kota Cirebon”. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di MI Madinatunnjah Kota Cirebon khususnya pada kelas III, diketahui bahwa dijumpai berbagai masalah. Salah satunya mengenai kondisi prestasi belajar Matematika yang rendah pembelajaran masih di dominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif. Sehingga dalam penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti untuk menggunakan alat peraga jam analog pada proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan alat peraga jam analog terhadap prestasi belajar Matematika pokok pembahasan sudut pada siswa kelas III MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Madinatunnjah Kota Cirebon tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 18 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Untuk mengetahui prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan sudut dilakukan pretest dan posttest, sedangkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga jam analog yaitu dengan menyebarkan angket kepada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas diketahui bahwa datanya normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji T. berdasarkan hasil analisis SPSS uji independent sample t test didapat nilai probabilitas signifikansi (2- tailed) 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga jam analog. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0.57. dari hasil perhitungan anatara korelasi menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan alat peraga jam analog terhadap presatasi belajar Matematika, besar pengaruh dari penggunaan alat peraga jam analog terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok pembahsan sudut sebesar 50.41%, sedangkan sisanya 49.59% dipengaruhi oleh faktor lainnya misalnya faktor minat, kecerdasan, sarana prasarana, lingkungan dan lain-lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga jam analog memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika pokok pembahasan sudut pada siswa kelas III MI Madinatunnjah Kota Cirebon

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:16
Last Modified: 12 Jun 2017 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item