SANTI ANDRIANI, (2013) PENGARUH PEMAHAMAN DALIL PHYTAGORAS TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SANTI ANDRIANI_OK.pdf Download (35MB) | Preview |
Abstract
SANTI ANDRIANI: “Pengaruh Pemahaman Dalil Phytagoras Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka” Dalil Phytagoras adalah salah satu dalil yang membahas mengenai keterkaitan antara sisi-sisi pada sebuah segitiga siku-siku. Materi ini sangat berkaitan dengan materi garis singgung lingkaran. Jika seorang siswa mampu memahami dalil Phytagoras siswa biasanya mampu memahami materi garis singgung lingkaran. Namun masih terdapat banyak siswa yang memahami dalil Phytagoras tetapi tidak mampu menguasai materi garis singgung lingkaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa dalil Phytagoras, untuk mengetahui sebesarpa besar kemampuan menyelesaikan soal garis singgung lingkaran siswa, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman dalil Phytagoras siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal garis singgung lingkaran. Pemahaman dalil Phytagoras adalah suatu kondisi dimana siswa mampu menjelaskan mengenai dalil Phytagoras secara jelas. Kemampuan matematika adalah salah satu yang menggambarkan atau mengomunikasikan ide-ide matematis dari sebuah informasi yang terstruktur. Kemampuan menyelesaikan soal garis singgung adalah suatu gambaran kemampuan anak dalam menjawab semua soal dengan benar dan tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rajagaluh yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Untuk mengumpulkan data menggunakan hasil tes. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji linearitas, analisis regresi, koefisien determinasi dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pemahaman dalil Phytagoras siswa dikategorikan cukup. Selain itu kemampuan menyelesaikan soal garis singgung lingkaran siswa juga berkategori cukup. Didasarkan pada uji statistik yang diperoleh bahwa thitung > ttabel. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung adalah 11,615 sedangkan nilai t tabel 1,662. Hal ini jelas bahwa 11,615 > 1,662 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Kata Kunci: Pemahaman Dalil Phytagoras, Garis Singgung Lingkaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 01:23 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 02:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
View Item |