Unsur Moral pada Novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar di Kelas XII SMA.

Tia Tiara, (2025) Unsur Moral pada Novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar di Kelas XII SMA. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110018_1_cover.pdf

Download (577kB)
[img] Text
2108110018_2_bab1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
2108110018_6_bab5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
2108110018_7_dafpus.pdf

Download (234kB)

Abstract

Pada saat ini masih banyak sekali siswa yang kurang peduli terhadap moral, sehingga berdampak pada perilaku yang akhirnya membuat siswa mempunyai moral yang kurang baik. Sehingga menyebabkan terjadinya pembullyan, kekerasan secara verbal maupun fisik, bahkan terdapat anak yang bolos sekolah. Oleh karena itu, analisis unsur moral pada novel Si Anak pemberani karya Tere Liye ini dilakukan agar dapa menanamkan moral dan memudahkan siswa mengimplementasikan moral. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan unsur moral dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan pemanfaatannya sebagai modul ajar teks novel di kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, dengan desain deskriptif, dan teori unsur moral menurut Suseno. Sumber data penelitian berupa novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data menggunakan baca simak dan catat. Instrumen menggunakan kartu data. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode padan referensial dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil penelitian terkait unsur moral dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye berjumlah 64 data, terdiri dari 18 data kejujuran, 4 data nilai-nilai otentik, 13 data kesediaan untuk bertanggung jawab, 2 kemandirian moral, 6 data keberanian moral, 12 data kerendahan hati, dan 9 data realistik dan kritis. Unsur moral tersebut dapat dimanfaatkan sebagai modul ajar teks novel di kelas XII SMA dengan Capaian Pembelajaran (CP) “membaca dan memirsa” dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) “Peserta didik merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks novel untuk memahami cara pandang penulis” serta mendapatkan hasil validitas 87,5% dengan kategori sangat baik oleh validator ahli.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Modul ajar, Novel, Unsur moral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:35
Last Modified: 06 Aug 2025 06:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16623

Actions (login required)

View Item View Item