KOLABORASI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN AVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 CIREBON

II SITI JAKIYAH NURHASANAH, (2013) KOLABORASI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN AVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
II SITI JAKIYAH NURHASANAH_OK-min.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemui dilapangan bahwa siswa merasa bosan dan jenuh dikarenakan pembelajaran yang monoton, hanya menggunakan metode ceramah dan bersifat teacher center. Penerapan model pembelajaran diharapkan pembelajaran materi lebih jelas dan lebih menarik sehingga pembelajaran tidak membosankan siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model picture and picture yang dikolaborasikan dengan peta konsep. Penerapan model pembelajaran secara kolaboratif dapat memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak, mengingat dan memahami apa yang dipelajarinya dengan lebih baik serta meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan kolaborasi model picture and picture dengan peta konsep dalam pembelajaran IPA sub pokok bahasan avertebrata, 2) besarnya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan kolaborasi model picture and picture dengan peta konsep pada sub pokok bahasan avertebrata, 3) respon siswa terhadap pembelajaran setelah diterapkan kolaborasi model picture and picture dengan peta konsep pada sub pokok bahasan avertebrata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test pos-test control group design. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Adapun populasi dalam penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 6 Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni kelas VII-G sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa dan kelas VII-H sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa. Hasil Belajar siswa dapat dilihat dari hasil pretes postes dan N-Gain. Kriteria N-Gain dikelas kontrol sedang dan rendah sedangkan kriteria N-Gain dikelas eksperimen tinggi dan sedang. Setelah analisis data, sebaran data sebagian tidak normal dan tidak homogen, maka untuk uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukan asymp.sig.(2-tailed) 0,000 berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang menggunakan kolaborasi model picture and picture dengan peta konsep. Respon siswa terhadap penerapan kolaborasi model picture and picture dengan peta konsep termasuk ke dalam kriteria sangat baik dan baik maka, dengan demikian siswa memberikan respon yang sangat positif. Kata Kunci : Kolaborasi Model Picture and Picture dengan Peta Konsep, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:58
Last Modified: 05 Apr 2017 01:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item