PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen terhadap Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura)

SITI NURKILAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen terhadap Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Siti Nurkilah 59451049_OK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

SITI NURKILAH :“PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen terhadap siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura)” Kemampuan komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika sangat perlu untuk dikembangkan karena melalui komunikasi matematika siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematisnya baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek melibatkan peserta didik dalam investigasi pemecahan masalah dan kegiatan tugas-tugas sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tentang respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek di kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura, (2) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura, (3) untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidaknya penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura. Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang menekankan pembelajaran kontekstual dan konstruktivistik yang salah satu unsurnya memanfaatkan aktivitas siswa secara kolaboratif baik di kelas atau di luar kelas dengan objek lingkungan sehari-hari. Siswa menggunakan permasalah atau pertanyaan pada dunia nyata yang dibawa ke konsep-konsep matematika atau sebaliknya sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura yang berjumlah 326 siswa dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII I yang dimbil secara cluster random sampling. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata skor respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek sebesar 78,39 termasuk dalam kategori kuat sedangkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 82,64 termasuk katagori sangat baik. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan a = 0,05, diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa dengan koefisien determinasi sebesar 46,5%, sedangkan sisanya sebesar 55,7% ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi ��=23,495 + 0,754X, dari persamaan tersebut koefisien regresi sebesar 0,754 menyatakan bahwa setiap penambahan (peningkatan) penerapan model pembelajaran berbasis proyek akan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 0,754. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Komunikasi Matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:08
Last Modified: 12 Jun 2017 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item View Item