Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Modul Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas X Pada Materi Virus Di MA An-Nur Kota Cirebon

KAMELIA, (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Modul Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas X Pada Materi Virus Di MA An-Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
1808106168_1_cover.pdf

Download (851kB)
[img] Text
1808106168_2_bab1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
1808106168_6_bab5.pdf

Download (256kB)
[img] Text
1808106168_7_dafpus.pdf

Download (273kB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Solving adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dalam usaha mencari pemecahan atau jawaban oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan modul digital untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah kelas X pada materi virus di MA An-Nur Kota Cirebon, 2) Mengetahui pengaruh terhadap model pembelajaran problem solving berbantuan modul digital pada siswa kelas X pada materi virus di MA An-Nur Kota Cirebon, 3) Mengetahui respon siswa dalam penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan modul digital pada siswa kelas X pada materi virus di MA An-Nur Kota Cirebon . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat eksperimen semu atau quasi eksperimen, dengan sampel yang diambil dalam penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan instrument penelitian adalah lembar observasi, Pretest dan postest serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata nilai siswa dari 35 siswa adalah 76, dengan skor maksimalnya adalah 100 (76%) berkategori Baik, dan pertemuan kedua diperoleh 85 dengan skor maksimalnya adalah 100 (85%) berkategori sangat baik. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan modul digital pada pertemuan kedua mengalami peningkatan dari pada pertemuan kesatu, dengan selisih 9%, serta rata-rata nilai aktivitas sebesar 4,94, dengan nilai total aktivitas berkisar antara 73 hingga 75 dari skor maksimal 75, artinya secara umum, aktivitas peserta didik berada dalam kategori sangat baik, 2) model pembelajaran problem solving berbantuan modul digital mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah siswa sebesar 34,6%, dan masih ada 65,4% keterampilan argumentasi ilmiah siswa dipengaruhi oleh faktor lain, dan 3) Respon siswa dalam penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan modul digital mendapatkan respon positif. Hasil yang didapat menunjukkan 55% sangat kuat dan 45% kuat. Hasil tersebut berarti menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa memberikan respon yang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Modul Digital, Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa, Virus
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:28
Last Modified: 07 Aug 2025 04:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16751

Actions (login required)

View Item View Item