PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INQUIRI DAN EKSPOSITORI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS X SMA N 1 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN

HAERURROHMAN, (2013) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INQUIRI DAN EKSPOSITORI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS X SMA N 1 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HAERURROHMAN_OK-min.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Kesulitan yang dialami siswa dalam hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor pada diri siswa yaitu pemahaman siswa masih kurang terhadap pelajaran IPA-Biologi serta guru yaitu guru masih kurang tepat dalam memilih teknik atau model yang sesuai dengan proses pembelajaran SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan. Sedangkan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi kebanyakan siswa di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) sedangkan target yang ditentukan guru biologi adalah di atas KKM. Rumusan masalah ini adalah bagaimana perbandingan hasil belajar biologi siswa antara yang pembelajarannya menggunakan model inkuiri dan metode ekspositori pada pokok bahasan ekosistem di kelas X SMA N 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model inkuiri pada pokok bahasan ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan, memperoleh data hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan metode ekspositori pada pokok bahasan ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan dan memperoleh data perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri dengan ekspositori pada pokok bahasan ekosisitem di kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan. Penelitian ini adalah studi eksperimen, dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan. Sampel yang terdiri dari Kelas X-7 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa sedangkan kelas X-3 sebagai kelas control berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik yaitu uji deskripsi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis). Hasil penelitian menunjukan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran sebesar 74.67 dengan katagori baik dengan terletak pada rentang 70% - 80%, hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan metode ekspositori sebesar 62.67 dengan katagori cukup dengan terletak pada rentang 55% - 69% dan perbedaan model pembelajaran inquiri dan metode ekspositori diperoleh nilai z = -3.287 dan Sig. 0,001 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiri pada sub konsep sistem ekosistem dan yang menggunakannya metode ekspositori dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:28
Last Modified: 23 Aug 2021 15:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item