Efektivitas Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Vii Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Smp Al-Muflihin Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon

AHMAD DZULKARNAIN, (2025) Efektivitas Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Vii Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Smp Al-Muflihin Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
1808101179_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808101179_2_bab1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
1808101179_6_bab5.pdf

Download (210kB)
[img] Text
1808101179_7_dafpus.pdf

Download (201kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, terutama dalam dunia pendidikan, segala kebutuhan masyarakat pendidik yang semakin kompleks maka pendidikan dengan segala cara membentuk suatu sistem, strategi serta proses pendidikan. Dari sekian banyak metode mengajar, setiap pendidik dapat mempergunakan metode mengajar yang berbeda. Metode pengajaran dengan menggunakan metode Snowball Throwing adalah merupakan contoh teknik penyampain materi pelajaran. Tujuan dari masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui efektivitas dalam Penerapan metode Snowball Throwing Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Al- Muflihin, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. 2) ntuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam penerapan metode Snowball Throwing Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Al- Muflihin, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Al- Muflihin, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon Metode Snowball Throwing adalah Penerapan metode mengajar dengan menggunakan cara kertas sebagai objek yang berisi pertanyaan dan kemudian guru memberikan intruksi untuk membuat lingkaran lalu kertas yang berisi pertanyaan tersebut dilempar oleh guru lalu harus di jawab oleh siswa mengenai materi yang sedang diajarkan. Keaktifan belajar adalah hasil dari pengalaman proses pembelajaran yang di capai oleh siswa yang mencakup dua yaitu oral activities dan mental activities. Jenis penelitian metode ini adalah jenis kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi angket, wawancara dan. Sedangkan untuk keaktifan belajar yakni berdasarkan nilai UTS siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan rumus sekala prosentase, product moment, determination of correlation dan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian mengenai penerapan metode snowball Throwing pada bidang studi PAI di kelas VII SMP Al Muflihin Gebang, masuk dalam kategori Baik, dengan nilai 79,25 % karena berada pada interval 61-80 %. Keaktifan belajar siswa PAI siswa kelas VII SMP Al Muflihin Gebang menggunakan metode Snowball Throwing dalam kategori Baik Sekali dengan nilai 82,04 karena pada interval 80%- 100%. Berdasarkan pengujian diatas variabel hasil diatas, dapat diketahui bahwa t hitung (5,50) > t tabel (2,81), dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan Adanya pengaruh metode metode snowball throwing terhadap Keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII SMP Al Muflihin Gebang.pengaruh penerapan metode Snowball Throwing dari koefisien determinasi di atas, menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dan Keaktifan belajar siswa kelas VII SMP Al Muflihin Gebang sebesar 38 %, dan sisanya sebesar 62% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak peneliti teliti.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Snowball Throwing dan Keaktifan belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:58
Last Modified: 07 Aug 2025 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item