SRIE AYU AFRILIAH, (2025) EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM DENGAN DUKUNGAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106016_1_cover.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text
2108106016_2_bab1.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
2108106016_6_bab5.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
2108106016_7_dafpus.pdf Download (284kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital dan tuntutan abad ke-21 menuntut pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah. Untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang mampu memberdayakan potensi siswa secara menyeluruh melalui pengalaman belajar yang aktif, kontekstual, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, peningkatan, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan STEM yang didukung oleh media Assemblr Edu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dan menggunakan Quasi Eksperimental Research atau eksperimen semu. Desain penelitian yang akan digunakan adalah desain Non-equivalen Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, dan angket respon yang akan dianalisis melalui serangkaian uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan SPSS Statistics 23. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) Pendekatan STEM dengan dukungan Augmented reality ‘Assemblr Edu’ ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan sangat baik; 2) Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang diterapkan pendekatan STEM dengan dukungan Augmented reality ‘Assemblr Edu’ dengan yang tidak diterapkan. Rata-rata nilai N-gain berada pada kategori sedang; dan 3) Respon siswa terhadap penerapan pendekatan STEM dengan dukungan Augmented reality ‘Assemblr Edu’ menunjukkan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan STEM, Augmented Reality, Assemblr Edu, Keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |