Pengembangan Media Bio Pop Up Book Terintegrasi (STEM) Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Khoirun Nisa, (2025) Pengembangan Media Bio Pop Up Book Terintegrasi (STEM) Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106039_1_cover.pdf

Download (698kB)
[img] Text
2108106039_2_bab1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
2108106039_6_bab5.pdf

Download (263kB)
[img] Text
2108106039_7_dafpus.pdf

Download (318kB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran memerlukan media yang mampu mendukung proses belajar secara optimal. Salah satu media yang efektif adalah media pembelajaran interaktif dan menarik yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media yang digunakan di sekolah masih belum sepenuhnya mendukung proses pembelajaran dan belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa secara maksimal. Penggunaan media Bio Pop Up Book yang terintegrasi dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dinilai dapat menjadi solusi karena menggabungkan unsur sains dan teknologi yang relevan untuk memperkuat pengetahuan serta kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media Bio Pop Up Book terintegrasi STEM pada materi sistem koordinasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dan desain pretest-posttest control group, dengan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Bio Pop Up Book terintegrasi STEM berada pada kategori sangat layak dan sangat praktis berdasarkan validasi ahli dan uji keterlaksanaan. Dari segi efektivitas, terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa, dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,584 dan kelas kontrol sebesar 0,4766. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004, yang berarti terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, media Bio Pop-Up Book terintegrasi STEM terbukti efektif dan dapat dijadikan alternatif solusi dalam mengembangkan bahan ajar yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Bio Pop Up Book, STEM, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:27
Last Modified: 08 Aug 2025 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16813

Actions (login required)

View Item View Item