TITIN KARTINI, (2013) PENGARUH DISIPLIN GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ( STUDI KASUS DI MTs DARUL MASHOLEH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
TITIN KARTINI_59451052_ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
TITIN KARTINI, Pengaruh Disiplin Guru Matematika Terhadap Motivasi Balajar Matematika Siswa ( Studi Kasus di MTs Darul Masholeh Kota Cirebon ) Berdasarkan observasi, peneliti melihat guru matematika yang ada di MTs Darul Masholeh termasuk guru yang disiplin. Guru tersebut masuk tepat waktu, melaksanakan pembelajaran semangat serta dilengkapi dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta berpakaian sesuai dengan aturan. Dengan guru yang demikian akan mampu membuat siswa termotivasi untuk belajar sehingga tujuan pendidikan mudah tercapai. Tetapi dalam kenyataannya peneliti melihat para siswa banyak yang belum termotivasi dengan keadaan guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh disiplin guru matematika terhadap motivasi belajar matematika siswa di MTs Darul Masholeh kota cirebon. Motivasi menurut sumbernya terbagi menjadi dua yaitu motivasi intrinsik berasal dari diri sendiri dan motivasi ekstrinsik yang berasal dari luar diri sendiri. Guru adalah orang yang berinteraksi langsung dengan siswa maka guru dapat menjadi sumber motivasi ekstrinsik bagi siswa. Cara guru memberikan motivasi bisa dengan lisan ataupun sikap yang baik dan langsung dilakukan. Salah satu sikap guru yang baik yakni disiplin. Sikap disiplin akan membawa pada ketercapaian tujuan pendidikan dengan hasil yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, tetapi untuk mendukung hasil tersebut digunakan pula metode kualitatif. Populasi target adalah seluruh siswa MTs Darul Masholeh Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 207 siswa, sedangkan pengambilan sampelnya sebanyak 40 siswa menggunakan metode Proportional sampling, yakni 20 siswa dari kelas A, 11 siswa dari kelas B dan 9 siswa dari kelas C. Variabel dalam penelitian ini adalah disiplin guru matematika (X) dan motivasi belajar matematika siswa (Y). Adapun teknik pengumpulan datanya dengan angket ditambah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan maka dihasilkan prosentase rata-rata pencapaian indikator pada angket disiplin guru matematika sebesar 79,2%. Prosentase rata-rata pencapaian indikator pada motivasi belajar matematika siswa adalah 73,95%. Adapun untuk analisis uji hipotesisnya menggunakan software SPSS 16. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y 44,914 0,499x . Karena thitung > ttabel yaitu 3,467 > 1,686 maka H0 ditolak, artinya Ha diterima yakni terdapat pengaruh disiplin guru matematika terhadap motivasi belajar matematika siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,490 atau dalam bentuk persentase yakni 24%. Dari nilai koefisien determinasi diatas dapat disimpulkan bahwa pengaruh disiplin guru matematika terhadap motivasi belajar matematika siswa sebesar 24%, dan 76% motivasi belajar matematika dipengaruhi oleh faktor lainnya
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 02:47 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 03:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1685 |
Actions (login required)
View Item |