PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI MA TERPADU SUWARGI BUWANA DJATI

Lilis Nurkholizah, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI MA TERPADU SUWARGI BUWANA DJATI. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106083_1_cover.pdf

Download (964kB)
[img] Text
2108106083_2_bab1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
2108106083_6_bab5.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2108106083_7_dafpus.pdf

Download (288kB)

Abstract

Pembelajaran biologi abad 21 menuntut keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konsep yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik dan dapat dikembangkan dengan pemilihan model dan media pembelajaran, salah satu model dan media pembelajaran adalah Problem Based Learning (PBL) berbantuan Augmented Reality. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas siswa, menganalisis perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa, dan mengetahui respon siswa pada penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan Augmented Reality terhadap pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilakukan di MA Terpadu Suwargi Buwana Djati menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan populasi kelas X dan sampel kelas X2 dan X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbantuan AR menghasilkan hasil belajar yang bervariasi, dengan skor rata-rata tertinggi 94 dalam memahami konsep dan skor rata-rata terendah 81 dalam menafsirkan konsep. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan pemahaman konseptual antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan kelompok eksperimen mencapai skor rata-rata yang lebih tinggi yaitu 87 dibandingkan dengan 71,29 pada kelompok kontrol. Analisis NGain menunjukkan peningkatan sedang sebesar 0,57 pada kelompok eksperimen dan peningkatan rendah sebesar 0,11. Selain itu, penelitian ini menemukan respons positif dari siswa terhadap pendekatan PBL berbantuan AR, yang memfasilitasi pemahaman mereka terhadap konsep abstrak dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AR dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan mendorong pembelajaran aktif pada siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Augmented Reality, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:37
Last Modified: 11 Aug 2025 01:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item View Item