TOTO CASWANTO, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AURORA 3D PRESENTATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
TOTO CASWANTO_OK.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
TOTO CASWANTO: “Pengaruh Penggunaan Media Aurora 3D Presentation terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs. Salafiyah Kota Cirebon” Pemanfaatan media pembelajaran yang beragam dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah pendidikan serta banyak diharapkan dari pemanfaatan teknologi pendidikan yang telah berkembang untuk dijadikan sebagai media yang menunjang kegiatan pembelajaran, salah satu media tersebut adalah Aurora 3D Presentation. sehingga peneliti mengkaji pemanfaatan media Aurora 3D Presentation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media Aurora 3D Presentation. Untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan media Aurora 3D Presentation. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media Aurora 3D presentation terhadap motivasi belajar matematika. Multimedia pembelajaran adalah suatu alat penyampaian informasi yaitu dengan komputer dengan dilengkapi audio, grafis, video dan animasi bergerak yang disampaikan kepada pembelajar. Aurora 3D Presentation adalah sebuah software yang membantu untuk menyampaika presentasi dengan fitur 3D dan dilengkapi dengan export file kedalam .exe dan juga video. Motivasi belajar matematika adalah dorongan dari dalam maupun luar untuk menuju perubahan positif pada pelajaran matematika. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu respon media Aurora 3D Presentation sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar matematika sebagai variabel terikat (Y) Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk kedua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di MTs Salafiyah Kota Cirebon, sedangkan pengambilan sampel menggunakan proporsi sampling dan terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII S sebagai kelas eksperimen. Kemudian di analisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis data respon terhadap pembelajaran dengan menggunakan media Aurora 3D Presentation diperoleh rata-rata sebesar 86,87 yang termasuk dalam kategori tinggi dan hasil analisis data motivasi belajar matematika diperoleh rata-rata sebesar 87,37 yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,388 > 1,7011, maka berdasarkan kriteria uji H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan respon media Aurora 3D Presentation terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs. Salafiyah Kota. Kata Kunci: media Aurora 3D Presentation, Motivasi Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 02:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 03:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1690 |
Actions (login required)
View Item |