ELIS SULASTRI, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS BUDAYA LOKAL CIPO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTS ASSUNNAH CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ELIS SULASTRI_OK-min.pdf Download (633kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam melestarikan dan salah satu media untuk mewariskan kebudayaan yang dimiliki nenek moyang terdahulu kepada generasi penerusnya. Proses pendidikan tidak akan pernah terlepas dari proses belajar. Belajar tidak hanya mempelajari materi pembelajaran semata, akan tetapi mampu menyusun pendapat, kebiasaan, minat. Pendidikan berfungsi sebagai pemberdaya serta mengembangkan kebudayaan serta mengembangkan kebudayaan tersebut agar tetap lestari. Lingkungan disekitar siswa kurang dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan hasil belajar siswa kurang memuaskan, maka penerapan pembelajaran biologi berbasis sains budaya lokal digunakan. Penerapan model pembelajaran berbasis sains budaya lokal adalah penerapan pembelajaran yang memanfaatkan sains budaya lokal atau sains asli yang terdapat dalam suatu daerah baik sains asli yang dapat dijelaskan oleh konsep sains modern (barat), yang semuanya bermanfaat bagi pengingkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengkaji hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis sains budaya lokal Cipo pada konsep pengelolaan lingkungan di kelas VII MTs ASSUNNAH Cirebon, 2) Untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model penerapan pembelajaran sains budaya lokal Cipo dengan kelas yang tidak menggunakan model penerapan pembelajaran sains budaya lokal Cipo pada konsep pengelolaan lingkungan di kelas VII MTs ASSUNNAH Cirebon, 3) Untuk mengkaji respon siswa terhadap model penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal Cipo pada konsep pengelolaan lingkungan di kelas VII MTs ASSUNNAH Cirebon Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian pretest-postest control group design, data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data empirik dan data teoritik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs.ASSUNAH yang berjumlah 108 siswa, dan sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VII D dengan jumlah siswa 26 orang, sedangkan kelas VII B berfungsi sebagai kelas control dengan jumlah siswa 26 orang dengan menggunakan teknik sampling tipe Random Xampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan angket. Berdasarkan hasil uji kecocokan menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis sains budaya lokal cipo dengan siswa dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji dengan SPSS Two Independent Sample Test yaitu uji Mann-Whitney U, ternyata nilai Sig nya 0.00 < 0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.. Hasil analisis data N-Gain pada hasil belajar kelas eksperimen didapat nilai N-Gain maksimal sebesar 0,77 dan nilai N-Gain minimal sebesar 0,40. Berdasarkan analisis hasil dari uji One-Way Anova menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen antara siswa kelompok atas, tengah, dan bawah, dan hasil analisis lanjut uji Tukey menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis sains lokal cipo lebih cocok digunakan untuk kelompok atas. Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Cipo, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 02:59 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 02:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1691 |
Actions (login required)
View Item |