PENERAPAN PETA KONSEP BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA POKOK BAHASAN VIRUS DI KELAS X SMAN 1 CILIMUS

DIKI HAFID FIRDAUS, (2013) PENERAPAN PETA KONSEP BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA POKOK BAHASAN VIRUS DI KELAS X SMAN 1 CILIMUS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIKI HAFID FIRDAUS_58641210_OK-min.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi di SMA sebagian besar menggunakan metode konvensional, dikarenakan terbatasnya sarana dan prasarana belajar. Sehingga mengakibatkan kurang nya minat dan perhatian siswa terhadap, pelajaran tersebut. Semakin berkembangnya ilmu pendidikan baik yang menyangkut strategi, model, media pembelajaran. Sehingga guru harus memliki keterampilan memilih model dan strategi yang tepat terhadap materi yang akan disajikan. Selain itu juga masalah yang di hadapi guru biologi adalah ketidaksesuaian antara alokasi waktu yang disediakan dengan konten materi biologi sehingga siswa kadang cepat lupa dengan apa yang sudah di terangkan oleh guru nya. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat menggunakan peta konsep yang telah di modifikasi dengan menggunakan power point. Peta konsep dapat di sajikan dalam berbagai macam bentuk tampilan seperti charta dan presentasi power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, penerapan peta konsep dalam proses belajar siswa di kelas x SMAN 1 cilimus, mengetahui daya ingat siswa yang menggunakan peta konsep berbasis power point dengan yang tidak menggunakan peta konsep, serta mengetahui ada tidaknya peningakatan daya ingat dengan metode pembelajaran peta konsep pada pokok bahasan virus di kelas X SMAN 1 Cilimus. Metode penelitian yang di gunakan adalah eksperiment dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambian sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah, tes tulis berupa pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Cilimus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling, yaitu kelas X.1 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperiment dan kelas X.6 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas Kontrol . Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan peta konsep berbasis power point terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran biologi materi virus di kelas X SMAN 1 Cilimus, hasil data eksperiment diketahui rata-rata pretest 39,28 sedangkan pada kelas kontrol diketahui rata-rata 44,05. Untuk nilai rata-rata post test 1 kelas eksperiment 73,24 sedangkan untuk kelas kontol nilai rata-rata 66,57. Pada post test ke 2 nilai rata-rata kelas eksperiment 74, 14 sedangkan nilai ratarata kelas kontrol pada post test 2 55,25. Untuk uji T penelitian ini nilai signifikasi nya 0,068 > dari 0,05. Artinya terdapat peningkatan antara penggunaan peta konsep berbasis power poin terhadap daya ingat siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:12
Last Modified: 05 Apr 2017 03:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item