IMPLEMENTASI PENILAIAN KINERJA KEMAMPUAN DASAR BEKERJA ILMIAH (KDBI) PADAPEMBELAJARAN PRAKTIKUMMATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON

DIAN NURJANAH, (2013) IMPLEMENTASI PENILAIAN KINERJA KEMAMPUAN DASAR BEKERJA ILMIAH (KDBI) PADAPEMBELAJARAN PRAKTIKUMMATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIAN NURJANAH_OK-min.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 8 Kota Cirebon adalah salah satu sekolah yang dalam proses belajar mengajar masih terpusat pada guru. Dalam penilaian, guru dapat menggunakan kuis, tes tertulis, dan LKS (Lembar Kerja Siswa), sedangkan aktivitas siswa belum dinilai. Penilaian pada penelitian ini menggunakan assessmen kinerja. Assessmen kinerja adalah salah satu penilaian proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian kinerja kemampuan dasar bekerja ilmiah siswa pada pembelajaran praktikum, untuk mengetahui implementasi penilaian kinerja pada pembelajaran praktikum dapat meningkatkan kemampuan dasar bekerja ilmiah siswa , dan untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi penilaian kinerja kemampuan dasar bekerja ilmiah (KDBI) pada pembelajaran praktikum. Metode pada penelitian ini berbentuk tindakan kelas pada kegiatan praktikum dan dirancang dalam tiga tahap-tahap belajar (tiga siklus). Masing-masing tahap-tahap belajar terdiri dari empat fase yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 35 siswa . Data penelitian ini berupa data kuantitatif. Cara pengambilan data ini menggunakan lembar observasi untuk menilai kemampuan dasar bekerja ilmiah siswa dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari proses dan hasil pembelajaran diolah secara persentase. Hasil penelitian berdasarkan kemampuan dasar bekerja ilmiah siswa menunjukkan, peningkatan dari setiap siklus dengan rata-rata siklus I enam koma lima persen, siklus II tujuh koma lima persen dan siklus III Sembilan koma dua persen. Sedangkan hasil tes dengan rata-rata siklus I tujuh lima koma empat,, siklus II tujuh delapan koma lima tujuh, dan siklus III delapan empat koma delapan lima. Untuk respon siswa terhadap implementasi penilaian kinerja kemampuan dasar bekerja ilmiah pada pembelajaran praktikum dengan rata-rata empat puluh dua persen dikategorikan cukup. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum pembelajaran dengan impementasi penilaian kinerja dapat memberikan perubahan yang positif (peningkatan) terhadap kondisi belajar siswa yang aktif pada kegiatan praktikum dan selama proses belajar mengajar. Kata Kunci : Implementasi Penilaian Kinerja dan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:17
Last Modified: 05 Apr 2017 03:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item