SITI CHAULA SHICHCHATUL KARIMAH, (2025) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Upaya Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Kalikoa. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2008107063_1_cover.pdf Download (899kB) |
![]() |
Text
2008107063_2_bab1.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
2008107063_6_bab5.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
2008107063_7_dafpus.pdf Download (350kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan sampah yang ada di sekolah. Permasalahan sampah menjadi salah satu yang menjadi perhatian di lingkungan sekolah karena kurangnya kesadaran siswa untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan adanya masalah sampah tersebut sangat diperlukan adanya perhatian khusus terhadap lingkungan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka tema Bangunlah Jiwa dan Raganya mengintegrasikan gerakan peduli lingkungan melalui program yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam upaya menguatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Kalikoa. Pendekatatan yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan bersifat kualitatif deskripstif, oleh karena itu pada teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa terdapat program sekolah berbudaya lingkungan dengan mendirikan bank sampah dan hasilnya yaitu tingkat kesadaran siswa untuk menjaga lingkungan menjadi lebih baik Guru memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa agar bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih. Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menguatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 4 SD Negeri 1 Kalikoa yaitu faktor pendukungnya adalah adanya usaha dan dukungan serta dorongan dari pihak sekolah dan orangtua siswa. Sedangkan, faktor penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan projek yaitu pada keterbatasan waktu sehingga projek pada modul tidak semua dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Peduli Lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:14 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |