DESI WIDIASARI, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA SUB POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 1 BEBER. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
DESI WIDIYASARI_OK-min.pdf Download (931kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu faktor dimana siswa berpikir. Pembelajaran di dalam maupun di luar kelas akan terjadi suatu komunikasi antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa. Hal itu dikatakan positif apabila komunikasi yang terjadi berkaitan dengan materi yang sedang dibahas. Materi pembelajaran biologi perlu dikemas secara menarik, hal ini dikarenakan siswa menganggap pembelajaran biologi merupakan pembelajaran yang membosankan, sulit dimengerti dan kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model yang dapat membuat siswa tertarik dan melibatkan seluruh siswa mulai perencanaan sampai akhir, sehingga dapat membuat perubahan pada siswa baik dari segi kognitif maupun keterampilan generik sains siswa. Salah satu model yang tepat adalah model PBM berbantuan video karena model PBM dapat membuat siswa tertarik dan membangkitkan keterampilan generik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran biologi dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan video, mengkaji peningkatan keterampilan generik siswa setelah diterapkan pembelajaran biologi berbasis masalah berbantuan video, dan mengetahui respon siswa setelah melakukan pembelajaran biologi dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan video Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Beber, dengan pendekatan quasi eksperimen dan merupakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 2 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan menggunakan software SPSS v.16 meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis) dan uji ANOVA Tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa 83,33% atau sebanyak 25 siswa termasuk dalam aktivitas pembelajaran dengan kriteria pencapaian cukup, terdapatnya peningkatan keterampilan generik secara signifikan yang dilihat dari hasil uji t dimana nilai sig. 0,000 < 0,05 selain itu 65% siswa memberikan respon kuat terhadap pembelajaran biologi setelah dilakukannya pembelajaran berbasis masalah berbantuan video. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktifitas siswa dalam pembelajaran termasuk dalam kategori cukup, keterampilan generik siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah melakukan penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan video, dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan video mendapatkan respon yang kuat artinya siswa merespon baik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Kata Kunci : PBM berbantuan Video, KGS, Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 03:28 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 03:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
View Item |