PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM SARAF KELAS XI SMAN 6 KOTA CIREBON

CHELFIANI, (2013) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM SARAF KELAS XI SMAN 6 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
CHELFIANI_59461160_OK-min.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Di tengah era kemajuan teknologi yang begitu cepat sekarang ini manusia dituntut untuk tidak hanya menjadi penikmat, namun harus bisa menciptakan peluang yang berbasis teknologi pada gaya hidup masyarakat saat ini. Gaya hidup yang sedang berkembang sekarang ini diantaranya adalah maraknya penggunaan handphone di masyarakat. Penggunaan handphone pada saat sekarang ini menyentuh seluruh lapisan masyarakat termasuk kalangan siswa yang merupakan subyek dari penggunaan handphone yang tidak sedikit dalam jumlahnya. Namun penggunaan handphone sebagai telekomunikasi dewasa ini masih belum dimanfaatkan dengan baik oleh pendidikan, contohnya masih banyak siswa memanfaatkan handphone untuk mengirim pesan, chatting serta mengunjungi situs-situs jejaring sosial. Di sisi lain pihak guru sering mengeluhkan penyimpangan penggunaan handphone di sekolah yang mengganggu proses belajar. Pemanfaatan program Mobile Learning ini diharapkan dapat meningkatkan intensitas belajar siswa serta siswa dapat menggunakan handphonenya untuk belajar daripada untuk kegiatan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media mobile learning pada sub pokok bahasan sistem saraf di kelas XI SMAN 6 Kota Cirebon, (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran mobile learning pada sub pokok bahasan sistem saraf di kelas XI SMA Negeri 6 Kota Cirebon, (3) Untuk mengetahui respon siswa melalui penerapan media pembelajaran mobile learning pada sub pokok bahasan sistem saraf di kelas XI SMA Negeri 6 Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan tes, yaitu pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, dengan sampel sebanyak dua kelas yang diambil secara Purposive Sampling. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Independent T-test (uji t), karena sebaran data berdistribusi normal. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen (72,74) lebih besar dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol (48,78), hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran mobile learning terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada sub pokok bahasan sistem saraf. Aktivitas yang mendukung kegiatan pembelajaran selama proses KBM berlangsung selalu lebih besar dibandingkan aktivitas yang tidak mendukung kegiatan pembelajaran setiap pertemuan di kelas eksperimen sebaliknya di kelas kontrol. Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan sistem saraf termasuk kedalam kategori sangat kuat. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Mobile Learning, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:33
Last Modified: 05 Apr 2017 03:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item