Kompetensi Enter Preneurship Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SD Negeri Kec. Plumbon Cirebon

Abdul Wachid, (2025) Kompetensi Enter Preneurship Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SD Negeri Kec. Plumbon Cirebon. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
abdul_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abdul_bab1.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Abdul_bab5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Abduldafpus.pdf

Download (283kB)

Abstract

Anggapan kepala sekolah memiliki semua kemampuan, apalagi di sekolah negeri, yang menjadi pusat penggerak kemajuan setiap satuan Pendidikan, dengan kemampuan inovatif, kreatif, dan fleksibel melaksanakan program pemerintah. Keterbatasan dana pemerintah untuk sekolah tidak menjadi masalah besar jika dibandingkan dengan keterampilan dan kompetensi yang ditetapkan undang-undang pada kepala sekolah. Berdasarkan PermendikbudRistek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, kompetensi entrepreneurship, yang termasuk dalam kriteria kompetensi sosial yang ada dalam Perdirjen GTK No. 7327 Tahun 2023 Model Kompetensi Kepala Sekolah, sangat mendukung kepala sekolah dalam memenuhi kebutuhan sekolah di luar anggaran pemerintah.Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi pemahaman kepala sekolah tentang kompetensi entrepreneurship dan penerapannya dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan; sehingga dengan adanya kesamaan pemahaman kompetensi kewirausahaan ini diharapkan mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan; juga mendeskripsikan dampak kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dasar negeri terhadap kinerja siswa, motivasi guru, dan keterlibatan masyarakat; sekaligus menganalisa tantangan dan peluang atas implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Plumbon.Memanfaatkan pendekatan kualitatif, dengan data primer yang dikumpulkan dari observasi dan wawancara dengan narasumber 1 orang pengawas sekolah, 3 orang kepala sekolah dasar negeri, dan 3 orang guru sekolah dasar negeri di lingkungan kecamatan Plumbon; dan data sekunder berdasarkan kepustakaan terkait materi, termasuk penggunaan teori-teori pendukung. Kemudian data dianalisis, dan diambil kesimpulan. Temuan penelitian berdasarkan wawancara bahwa 1) ditemukan perbedaan persepsi mengenai kompetensi entrepreneurship diantara responden. Namun semua sepakat bahwa kompetensi kewirausahaan ini mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan di sekolah dasar negeri. Pada posisi ini terlihat kepemimpinan kepala sekolah yang memanfaatkan pendekatan managerial thinking dan entrepreneurial thinking secara kondisional, sehingga sekolah dasar negeri mampu memenuhi kebutuhannya terlepas dari anggaran emertintah; 2) bahwa seluruh responden sepakat kompetensi kewirausahaan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan; 3) kompetensi kewirausahaan yang ada melekat pada kepala sekolah juga berdampak pada kinerja siswa, motivasi guru, dan keterlibatan masyarakat; 4) tantangan yang dihadapi dalam implementasi kompetensi kewirausahaan adalah a. sulitnya mengubah persepsi bahwa pendidikan hanya berfokus pada teori; b. keterbatasan sumber daya; c. riwayat pengalaman profesional seseorang berbeda-beda.Simpulan penelitian secara umum bahwa kompetensi kewirausahaan dalam undang�undang melekat pada diri kepala sekolah, berkontribusi besar terhadap internal dan eksternal sekolah. Namun belum semua kepala sekolah dasar negeri memahami kompetensi kewirausahaan, dimana kewirausahaan hanya diartikan secara sempit yaitu implementasi dalam pembelajaran saja, padahal ketika kompetensi kewirausahaan diimplementasikan secara luas justru berdampak baik bagi pengembangan dan kemandirian sekolah dasar negeri di Kecamatan Plumbon. Kata Kunci: kompetensi kewirausahaan; kepala sekolah dasar negeri; kemandirian sekolah

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kompetensi kewirausahaan; kepala sekolah dasar negeri; kemandirian sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:36
Last Modified: 03 Sep 2025 06:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item