Rotim, (2025) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Efektivitas Proses Internal Terhadap Kepuasan Siswa Di SMPIT Al-Multazam Kuningan. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
rotimcover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
rotim_bab1.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
rotim_bab5.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
rotim_dafpus.pdf Download (402kB) |
Abstract
Fluktuasi jumlah siswa yang melanjutkan studi ke SMAIT Al-Multazam Kuniingan menunjukkan adanya potensi penurunan loyalitas dan kepuasan siswa terhadap lembaga pendidikan. Penurunan kepuasan siswa tersebut diduga terkait dengan kualitas layanan dan efektivitas proses internal yang diterima oleh siswa. Penelitian sebelumnya umumnya hanya meneliti masing-masing aspek ini secara terpisah, terutama pada sekolah umum, sehingga hubungan simultan antara kualitas layanan dan proses internal, khususnya di lembaga pendidikan Islam terpadu berbasis boarding, masih jarang diteliti. Kesenjangan ini menjadi masalah penting yang perlu diatasi untuk menjaga mutu pendidikan serta kepuasan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan efektivitas proses internal, baik secara parsial maupun simultan, terhadap kepuasan siswa di SMPIT Al-Multazam Kuningan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi kebaruan (novelty) dengan mengintegrasikan model SERVQUAL dan Balanced Scorecard, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih holistik tentang hubungan antara kualitas layanan dan proses internal terhadap kepuasan siswa di lembaga pendidikan Islam terpadu berbasis boarding.Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tertutup, dan analisis data diterapkan dengan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing�masing variabel. Model SERVQUAL diterapkan untuk mengukur kualitas layanan, sementara Balanced Scorecard digunakan untuk menilai efektivitas proses internal. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX sebagai subjek penelitian, sehingga hasil yang diperoleh lebih sesuai dan relevan dengan permasalahan yang tengah dihadapi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan efektivitas proses internal masing-masing memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa, baik secara parsial maupun simultan (R² = 0,142; p < 0,05). Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan kualitas layanan dan proses internal yang terintegrasi untuk meningkatkan kepuasan siswa dan menjaga loyalitas siswa terhadap lembaga. Penelitian ini merekomendasikan kepala SMPIT Al-Multazam Kuningan untuk meningkatkan kualitas layanan non-akademik, mengoptimalkan proses internal, melakukan evaluasi berbasis data, meningkatkan koordinasi antar pihak, dan menyediakan sistem informasi yang lebih responsif sesuai dengan kebutuhan siswa. Kata Kunci: kualitas layanan, efektivitas proses internal, kepuasan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas layanan, efektivitas proses internal, kepuasan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 07:00 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 07:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |