ANIS INAYATUN, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM INDERA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LEMAHABANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ANIS INAYATUN_59461158_OK-min.pdf Download (547kB) | Preview |
Abstract
Keaktifan siswa sangat diperlukan pada saat pembelajaran biologi. Strategi belajar aktif yang bervariasi dapat meningkatkan keaktifan siswa, sehingga siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan. Strategi belajar Questions Students Have merupakan salah satu strategi belajar aktif yang membutuhkan keterampilan berpikir siswa dengan membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi pembelajaran. Dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswa, siswa diharapkan mampu menguasai konsep materi yang telah diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have, untuk mengetahui penguasaan konsep siswa dan perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Questions Students Have pada sub pokok bahasan sistem indera di kelas XI SMA Negeri 1 Lemahabang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Tes tertulis pretest dan posttest dilakukan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mengetahui sikap siswa dan pelaksanaan strategi pembelajaran Questions Students Have pada sub pokok bahasan sistem indera dilakukan dengan menyebar angket dan menggunakan lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sikap dan aktivitas siswa terhadap strategi pembelajaran Questions Students Have adalah cukup baik. Hasil rata-rata prosentasenya adalah sebesar 23.5 % sangat setuju (SS), 56.9 % menjawab setuju (S), tidak setuju (TS) sebesar 19.3 % dan sangat tidak setuju (STS) 0.3 %. Rekapitulasi data hasil observasi juga sudah cukup baik dengan ratarata prosentase ketiga pertemuan adalah 79.86% Penguasaan konsep siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata pretest 46.65 dan rata-rata posttest 73. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata pretest 52.32 dan rata-rata posttest 67.91. Hasil n gain kelas eksperimen sebesar 0.502, sedangkan kelas kontrol sebesar 0.330. Berdasarkan analisis uji T sig. (2-tailed) didapat sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak atau dengan kata lain Ha diterima, Ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Questions Students Have lebih baik daripada tidak menggunakan strategi Questions Students Have. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Questions Students Have, Penguasaan Konsep, Sistem Indera.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 04:16 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 04:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1722 |
Actions (login required)
View Item |