PENGARUH POSITIONING DAN DIFERENSIASI TERHADAP BRAND SWITCHING PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MUAMALAT CABANG PEMBANTU KUNINGAN)

Rina Masruroh, (2013) PENGARUH POSITIONING DAN DIFERENSIASI TERHADAP BRAND SWITCHING PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MUAMALAT CABANG PEMBANTU KUNINGAN). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RINA MASRUROH_14106510008_ok-min.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Rina Masruroh : Tingginya tingkat persaingan perbankan dan masyarakat yang telah terbiasa dengan sistem bunga membuat bank syari’ah di Indonesia tidak serta merta memenangkan hati nasabah. Banyaknya fenomena perilaku perpindahan merek perbankan merupakan bukti bahwa nasabah semakin sulit untuk loyal. Salah satu cara yang paling strategis adalah dengan memperkuat positioning dan diferensiasi perbankan syari’ah. Oleh karena itu sangat penting dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh positioning dan diferensiasi terhadap brand switching perbankan syari’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi nasabah tentang positioning dan diferensiasi bank syari’ah serta brand switching nasabah bank syari’ah dan mencari tahu pengaruh positioning dan diferensiasi terhadap brand switching bank syari’ah baik secara parsial maupun secara simultan dengan objek penelitian berupa studi kasus pada nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Kuningan. Positioning adalah segala upaya untuk mendesain produk dan merek kita agar menempati sebuah posisi yang unik di benak pelanggan, diferensiasi didefinisikan sebagai upaya kita merancang seperangkat perbedaan yang bermakna dalam penawaran kita, dan brand switching adalah perilaku perpindahan merek yang dilakukan oleh konsumen karena alasan-alasan tertentu atau dapat diartikan juga sebagai kerentanan konsumen untuk berpindah ke merek lain. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengolahan data dengan perhitungan frekuensi pada setiap alternatif jawaban dengan menggunakan skala likert serta uji hipotesis menggunakan pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian, positioning dan diferensiasi perbankan syari’ah dipersepsi baik oleh nasabah, hal ini ditunjukan oleh hasil perhitungan skor kriterium positioning 81,53 %, dan Diferensiasi 79,57% yang berada pada daerah kriterium tinggi dengan tingkat perpindahan merek 44,62% atau berada pada daerah kriterium sedang. Hasil perolehan nilai koefisien korelasi parsial antara positioning dan brand switching terbukti negative namun dengan derajat korelasi yang rendah yaitu -0,380 dengan derajat determinasi 0,04%, dan hasil perolehan nilai koefisien korelasi parsial antara Diferensiasi dan brand switching terbukti negative juga dengan derajat korelasi yang sedang yaitu -0,452 dengan derajat determinasi 44,9%. Selanjutnya berdasarkan perhitungan spss diperoleh pula koefisien determinasi variabel X1 (positioning) dan X2 (diferensiasi) secara simultan sebesar 19,9%. Dilihat dari tingkat perubahan menunjukan bahwa variabel dependen (positioning dan Diferensiasi) dapat dipengaruhi oleh variabel independent (brand switching bank syari’ah) sebesar Y=89,684-0,005X1-056X2 dengan uji signifikansi berdasarkan 0,5 (kepercayaan 95%). Hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa semakin kokoh positioning dan diferensiasi bank syari’ah maka akan semakin menurunkan tingkat brand switching bank syari’ah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Apr 2017 01:03
Last Modified: 12 Jun 2017 02:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item