Implementasi Strategi Pemasaran Wisata Keraton Kasepuhan dalam Membangun Daya Tarik Wisata Kota Cirebon

Indra Suparno, (2015) Implementasi Strategi Pemasaran Wisata Keraton Kasepuhan dalam Membangun Daya Tarik Wisata Kota Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Skripsi Indra Suparno 2015 (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDRA SUPARNO NIM.14112220175: “Implementasi Strategi Pemasaran Wisata Keraton Kasepuhan dalam Membangun Daya Tarik Wisata Kota Cirebon”, Skripsi 2015. Pariwisata kota Cirebon dikenal dengan wisata religi dan wisata budayanya yang mempunyai daya tarik wisata tersendiri bagi wisatawan. Salah satunya adalah objek wisata keraton Kasepuhan yang merupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki Jawa Barat. Keraton Kasepuhan disebut juga sebagai keraton tertua di pulau Jawa yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dari keraton lainnya. Keraton ini pula yang menjadi induk dari keraton-keraton yang ada di Cirebon. Wisata keraton Cirebon ini dapat menjadi destinasi wisata unggulan bagi wisatawan dengan dukungan pengelolaan dan strategi pemasaran yang tepat. Berdasarkan hal tersebut, maka adapun rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi strategi pemasaran wisata keraton Kasepuhan dalam membangun daya tarik wisata kota cirebon, dan (2) Apa kendala dalam implementasi strategi pemasaran wisata keraton Kasepuhan Cirebon. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran wisata keraton Kasepuhan dalam membangun daya tarik wisata kota Cirebon dan mengetahui kendala dalam implementasi strategi pemasaran wisata keraton Kasepuhan tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif empirik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Adapun kegiatan analisis data penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan serta verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh pihak pengelola wisata keraton Kasepuhan Cirebon yaitu strategi bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran ini meliputi tujuh komponen, yaitu strategi pada produk, harga, tempat/ lokasi, promosi, partisipan, proses, dan pada lingkungan fisik. Namun dalam implementasinya belum didukung dengan manajemen pengawasan dan kontrol yang baik sehingga pelaksanaan strategi kurang maksimal dan belum mampu menangkap semua keinginan serta kebutuhan wisatawan. Hal ini yang menjadi kendala dalam pelaksanaan strategi pemasaran wisata keraton yang intinya dikarenakan belum ada daya tarik lebih yang ditawarkan untuk menarik minat wisawatan datang berkunjung ke keraton. Kata Kunci: implementasi strategi pemasaran, daya tarik wisata, destinasi wisata.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:14
Last Modified: 12 Jun 2017 04:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item