JUHAENIT ZAMZAMI, (2013) PENGARUH METODE MENGHAFAL CEPAT (MAGIC MEMORY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN DAN HADITS DI KELAS V (STUDI KASUS MI NEGERI KROYA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
JUHAENIT ZAMZAMI_OK-min.pdf Download (648kB) | Preview |
Abstract
JUHAENIT ZAMZAMI : Berdasarkan pengamatan awal di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon ternyata guru masih dominan menggunakan metode yang sudah dikenal, seperti ceramah dan presentasi. Metode presentasi bertujuan agar siswa lebih aktif sehingga siswa bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dibanding dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang seberapa jauh tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Al- Qur`an Hadits, faktor apa saja yang menyebabkan meningkatnya prestasi belajar Al-Qur`an Hadits, Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya?. Proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar apabila guru mampu mengelola kelas dengan interaksi yang baik begitu juga penggunaan dengan Metode yang tepat. Interaksi yang baik antara guru dengan siswa, akan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Namun, apabila interaksi antara guru dengan siswa kurang baik maka prestasi belajar pun akan menurun. Untuk itu metode menghafal cepat digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan siswa secara singkat demi mendapatkan hasil yang memuaskan bukan hanya dari segi prestasi akademik melainkan dari segi akhlak juga. Pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan studi dokumentasi, angket dan tes. Populasi ini diambil dari seluruh siswa di MIN Kroya yang berjumlah 486 siswa, Sampel yang dijadikan obyek penelitian adalah kelas V B yang berjumlah 32. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang ditemukan oleh penulis tentang penggunaan dan pengaruh metode menghafal cepat di MI Negeri Kroya yaitu 69,7% keberhasilan penggunaan metode ini terlihat dengan prestasi siswa yang kesemuanya berada dalam KKM yang lulus. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dimana didapatkan thitung = 8,326, sedangkan dengan derajat kebebasan (dk) = n-2 = 32 - 2 = 30 responden dan taraf signifikansi 0,05 didapatkan ttabel = 1,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ttabel (1,70) < thitung (8,326) artinya signifikan. Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 04:13 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 04:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1785 |
Actions (login required)
View Item |