K O R I D A H, (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI GAYA DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SEGERAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
KORIDAH_OK-min.pdf Download (726kB) | Preview |
Abstract
K O R I D A H : Banyak siswa menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi dimeja belajar. Kegiatan itu hampir selalu dirasakan sebagai beban dari upaya aktif untuk memperdalam ilmu. Ditambah lagi dengan ketidak tepatan metodelogis pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan pembejaran PAKEM di kelas IV MI Muhammadiyah Segeran?. Bagaimana hasil pembelajaran IPA pada materi Gaya di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM di MI Muhammadiyah Segeran?. sedangkan tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui penerapan pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPA dikelas IV MI Muhammadiyah SegeranUntuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Segeran pada mata pelajaran IPA dengan materi Gaya dengan model pembelajaran PAKEM.Untuk mengetahui faktor-faktor yag mendukung peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Segeran dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM. Model PAKEM adalah model pembelajaran yang bertumpu pada empat prinsip, yaitu aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. (Najib Sulhan, 2010:49). Rachmawati (2007:1) menyatakan PAKEM adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik megerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan ketrampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan efektif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa meningkat dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas IV MI Muhammadiyah Segeran yang berjumlah 28 orang dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes kemampuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dalam proses pembelajaran dengan PAKEM di kelas IV MI Muhammadiyah Segeran berjalan dengan baik dan mempunyai dampak positif terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA, hal ini dapat dilihat bahwa adanya penigkatan aktivitas siswa dari setiap siklusnya (siklus I= 45,36%, Siklus II = 61,16%, dan Siklus III = 70,98%). Dari Analaisa penelitia diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 67,14, siklus II 71,79, dan siklus III 77,14. Jika dibandingkan dengan hasil rata-rata freetest yaitu 56,43, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajan IPA dengan materi Gaya pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Segeran pada mata pelajaran IPA ada peningkatan yang signifikan. Sedangkan hasil belajar untuk setiap siklus mengalami peningkatan 4,65 point dan 5,35 point. Hasil ketuntasan belajar siswa selama tiga siklus mengalami peningkatan, peningkatan ketuntasan belajar tiap siklus adalah 4 Orang (14,28%) untuk siklus II, dan 4 orang 4 orang (14,28%) untuk siklus III.Dengan data tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan ketuntasan belajar siswa selama penerapan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPA dengan materi gaya pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Segeran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 04:25 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 04:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1793 |
Actions (login required)
View Item |