LUFI CHIFDIYAH, (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA KONSEP WUJUD BENDA (PTK Pembelajaran IPA Kelas III SDN Mertapadakulon Astanajapura Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
LUFI CHIFDIYAH_58471363_OK-min.pdf Download (588kB) | Preview |
Abstract
LUFI CHIFDIYAH : Pembelajaran yang mengacu pada metode eksperimen lebih memfokuskan pada kesuksesan siswa dalam mengorganisasikan pengalaman mereka, dengan kata lain siswa lebih pengalaman untuk mengkonstruksikan sendiri pengetahuan mereka melalui asimilasi dan akomodasi. Sehingga menyentuh aspek psikomotorik dan aspek yang lainnya yang berkenaan dengan proses pengembangan kemampuan dalam berfikir, tidak terkecuali hasil pengamatan dan penelitian para pakar pada beberapa sekolah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen wujud benda cair di kelas III SD Negeri 1 mertapadakulon. Untuk mengkaji aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Eksperimen di SD Negeri 1 mertapadakulon. Pembelajaran IPA diantaranya melatih cara berpikir dan bernalar siswa, mengembangkan aktivitas kreatif, serta mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Sedangkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran IPA diantaranya dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 1 Mertapadakulon dengan jumlah 30 siswa. Analisis data meliputi data observasi dan data tes. Data observasi dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan data tes menggunakan rumus ketuntasan belajar baik secara individu maupun klasikal. Hasil penelitian ini menujukkan Penerapan metode pembelajaran Eksperimen yaitu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perubahan wujud benda hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata aktivitas siklus I sebesar 67.6%, siklus II sebesar 82.7 %, dan siklus III sebesar 92.7 % dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar sebesar 58.77, siklus II sebesar 66.77, dan siklus III sebesar 81. 53.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 04:31 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 04:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |