M A D P U R I, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMEN DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MADPURI_OK-min.pdf Download (669kB) | Preview |
Abstract
M A D P U R I : Berdasarkan penelitian awal dalam pelaksanaan proses belajar khususnya Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber ditemukan bahwa kreatifitas siswa dalam pembelajaran yang berimbas pada hasil proses pembelajaran siswa masih rendah. Hal in karena proses pembelajaran berjalan satu arah saja yaitu dari guru ke murid. Murid hanya Duduk, Diam, Dengar, dan Catat (3 DIC). Oleha karena itu, sebagaimana Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divisions) adalah model pembelajaran yang memberikan peluang dan kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama dan lebih aktif selama proses pembelajaran, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang Penerapan Model Pembelajaran tersebut untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber,. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kreatifitas belajar sisiwa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Model pembelajaran student team achievement divisions merupakan model pembelajaran yang menerapkan berbagai indikator pembelajaran, mudah diterapkan dan sesuai untuk materi-materi Bahasa Indonesia. Model ini merupakan alternatif untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam proeses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Bahasa Indonesia di MI Hidayatul Mubtadi’in 2 Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilakukan di MI Hidayatul Mubtadiin 2 Cibeber dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) mengikuti model yang dikembangkan oleh John Elliott. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan (planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi(reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan penerapan metode STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan ini terlihat dari perkembangan hasil belajar peserta didik yang semula nilai rata-rata pada pre tes sebesar 59,21 pada siklus I sebesar 71,84 meningkat 21,33%, siklus II sebesar 74,47 meningkat 25,78%, dan siklus III sebesar 85,79 meningkat 44,89%. Begitu juga kreatifitas peserta didik pada aspek Rasa ingin tahu yang mendalam, Sering mengajukan pertanyaan yang baik dan Bebas dalam menyampaikan pendapat, semula (pada pra siklus) sebesar 25, 86 % meningkat menjadi 56,03% pada siklus I, 64,36% pada siklus II dan 78.72% pada siklus III.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 04:36 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 04:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1800 |
Actions (login required)
View Item |