STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AGAMA ISLAM MERTAPADA KABUPATEN CIREBON

Ahmad Amin Mubarok, (2013) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AGAMA ISLAM MERTAPADA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHMAD AMIN MUBAROK_14106110004_ok-min.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Ahmad Amin Mubarok : Lembaga Pendidikan dewasa ini banyak bermunculan, sehingga kepala sekolah harus pintar dalam memilih strategi dalam rangka mempertahankan eksistensi lembaga pendidikan yang dipimpinnya. MTs. Agama Islam Mertapada merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang sampai sekarang masih bertahan, walaupun banyak bermunculan sekolah-sekolah baru. Selain itu, output yang dihasilkan juga mampu bersaing dengan sekolah lain. Berdasarkan pencapaian tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai konsepsi manajemen strategi kepemimpinan Kepala Madrasah dalam melaksanakan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Mertapada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tiga hal pokok. Pertama, strategi-strategi yang dimiliki kepala madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Mertapada. Kedua, kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Mertapada. Ketiga, faktor penghambat serta pendukung terciptanya madrasah yang berkualitas. Penellitian ini menggnakan pendekatan atau model penelitian lapangan (field research). Hal tersebut sesuai dengan sifat masalah dan tujuan penelitian. Sedangkan metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi partisipan, wawancara mendalam (deep interview) dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian diorganisir, ditafsirkan, dan dianalisis secara berulang-ulang, guna penyusunan konsep dan abstraksi temuan lapangan. Hasil penelitian ini adalah pertama, kepala madrasah menggnakann dua model strategi, yaitu marked-based dan resources-based. Sehingga dalam kepemimpinannya, kepala madrasah mampu menciptakan kemandirian madrasah, membangun kemitraan dan partisipasi masyarakat, emnyediakan tenaga pendidik dan kependidikan yang bermutu dan menciptakan standarisasi pengelolaan pendidikan. Kedua, lulusan Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Mertapada mampu bersaing dengan lulusan sekolah lain, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Ketiga, faktor-faktor yang menjadi penghambat terwujudnya madrasah yang berkualitas dapat diminimalisir dengan adanya dukngan dari pemerintah dan juga lingkungan masyarakat setempat. Kata kunci: Strategi, Kepemimpinan, Kepala madrasah, Pengelolaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:00
Last Modified: 07 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item