RESPON GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU

Dasikin, (2013) RESPON GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DASIKIN_14106110043_ok-min.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Dasikin, Respon guru terhadap gaya kepemimpinan kepala madrasah dan pengaruhnyaterhadap motivasi kerja guru dan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Jatibarang kecamatan Jatibarang kekabupaten Indramayu Madrasah merupakan suatu sistem dimana didalamnya ada Kepala Madrasah, Guru, Staf tata usaha dan juga siswa . Kepala madrasah adalah seorang pemimpin yang seharusnya dapat mempengaruhi sikap dan prilaku gurunya. Agar proses mempengaruhi bisa berjalan dengan lancar maka kepala madrasah haruslah sosok individu yang manusiawi. Gaya kepemimpinan adalah perilaku yang konsisten yang diterapkan pada saat mempengaruhi orang lain.Melalui.gaya kepemimpinan itulah seorang kepala madrasah akan mampu mentransfer beberapa nilai – nilai edukasi terhadap guru dan juga siswa , sehingga tercipta motivasi kerja guru yang maksimal serta prestasi belajar siswa yang tinggi Prestasi belajar adalah aspek kecakapan yang telah dimiliki oleh siswa sebagai hasil suatu interaksi dalam kegiatan belajarnya yang telah di tempuh.Prestasi belajar merupakan indikator yang penting karena keseluruhan proses pendidikan pada umumnya dan proses belajar pada dasarnya.Prestasi belajar ini berfungsi untuk mengetahui keberhasilan belajar. disamping sebagai indikator kualitas institusi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif, yakni metode penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu peneliti memotret peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian kemudian data – data suatu gejala peristiwa dan kejadian tersebut secara kuantitatif dijadikan bentuk angka – angka pengumpulan data dilakukan melalui observasi interview, angket,dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,dapat disimpulkan: Variable gaya kepemimpinan kepala madrasah berkorelasi negatif ,tingkat korelasi -0,195 terdapat kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar -1,95%.Menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,248 berarti pengembangan prestasi belajar dipengaruhi secara langsung oleh gaya kepemimpinan kepala madrasah berkorelasi positif tingkat korelasi 0,248 terdapat kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 2,48%.Menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,845 berarti pengembangan prestasi belajar dipengaruhi secara langsung oleh gaya motivasi kerja guru.Variable gaya kepemimpinan dan motivasi kerja guru secara bersama-sama berkorelasi positif tingkat korelasi 0,746 kontribusi yang kuat terhadap prestasi helajar sebesar 74,6%.Menuniukkan koefisien korelasi sebesar 0,746 berarti pengembangan prestasi belajar dipengaruhi secara langsung bersatna-sama oleh gaya kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja guru. Kata kunci : Gaya kepemimpinan kepala madrasah, Motivasi kerja guru, Prestasi belajar siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:08
Last Modified: 07 Jun 2017 05:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item