GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MTs NEGERI BABAKAN CIWARINGIN

Kholil, (2013) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MTs NEGERI BABAKAN CIWARINGIN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KHOLIL_14106110049_ok-min.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Kholil: Kepemimpinan kepala madrasah menjadi faktor utama dalam meningkatkan prestasi sekolah karena kepala madrasah mempunyai posisi dan peranan penting dalam meningkatkan kualitas sekolah. Untuk itu, penelitian ini difokuskan pada gaya kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru dalam meningkatkan prestasi siswa yang dijabarkan dalam (1) gaya kepemimpinan kepala madrasah, (2) hambatan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan prestasi siswa, (3) keberhasilan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan prestasi siswa. . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan di MTs Negeri Babakan Ciwaringin . Penentuan informan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, internal sampling, time sampling, dan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang yang didalamnya melibatkan kegiatan reduksi data, sajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan baik melalui analisis, guna menyusun konsep temuan lapangan. Temuan penelitian ini adalah: pertama, gaya kepemimpinan kepala madrasah mengacu pada gaya kepemimpinan transformasional, kepala madrasah berperan sebagai katalisator dalam arti mampu menimbulkan dan menggerakkan semangat guru, staf, masyarakat dalam hal ini orang tua dan siswa dalam mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Dalam peningkatan prestasi siswa kepala madrasah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pelayanan yang bersifat perbaikan (remedial) dan juga pengayaan dengan tetap memperhatikan pengembangan pribadi peserta didik. Hambatan dalam meningkatkan prestasi sekolah antara lain: semua guru belum menguasai ICT, sarana dan prasarana belum sesuai dengan kebutuhan, model pembelajaran yang tidak variatif, masyarakat yang kurang paham terhadap inovasi pendidikan, dan pelajar dan peserta didik lebih memfokuskan pada pengetahuan akademik. Upaya mengatasi kendala dalam meningkatkan prestasi sekolah dengan melakukan kerjasama dengan komite sekolah, masyarakat, dan pemerintah. Faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi siswa MTsN Babakan Ciwaringin antara lain; 1) sarana prasarana sekolah yang lengkap dan memadai, 2) input siswa yang unggul dan terseleksi, 3) komitmen guru dan ix karyawan yang berkualifikasi di bidangnya, 4) lingkungan sekolah yang kondusif sebagai tempat pembelajaran sehingga tercipta iklim belajar dan iklim kerja yang sehat dan kompetetif, 5) memperoleh dukungan dari komponen sekolah, dan 6) menjalin kerjasama dan kemitraan dengan orangtua, masyarakat, dan pemerintah. Strategi yang dilakukan kepala MTs Negeri Babakan Ciwaringin dalam meningkatkan prestasi siswa : (1) optimalisasi proses pembelajaran, (2) memberdayakan dan meningkatkan profesionalisme guru dan karyawan sekolah, (3) pemberdayaan potensi siswa, (4) menjalin kemitraan dan kerjasama, (5) melakukan studi banding dan (6) mengoptimalkan penggunaan fasilitas sekolah. Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan kepada para kepala sekolah agar selalu berusaha meningkatkan kompetensi mereka agar dapat menjadi pemimpin pendidikan yang profesional. Sekolah disarankan untuk menjalankan prinsip manajemen berbasis sekolah dengan mengaplikasikan prinsip kepemimpinan kolektif dan kolegial dengan tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah. Kata kunci : gaya kepemimipinan, kinerja guru, prestasi siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:21
Last Modified: 08 Jun 2017 01:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item