REKONSTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN SALAFIYAH DALAM MENGHADAPI PERADABAN MODERN (Studi Kasus Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ĩn (MTM) Pondok Pesantren Kempek Cirebon)

NI’AMILLAH, (2013) REKONSTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN SALAFIYAH DALAM MENGHADAPI PERADABAN MODERN (Studi Kasus Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ĩn (MTM) Pondok Pesantren Kempek Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NI'AMILLAH_14106110057_ok-min.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Salafiyah atau dengan sebutan pesantren tradisional dewasa ini tengah dihadapkan kepada suatu kondisi masyarakat yang kecenderungannya telah berubah seiring dengan arus perubahan yang semakin cepat. Jika ditengah-tengah derasnya arus perubahan dan kemajuan peradaban modern seperti yang penulis saksikan sekarang ini, masih ada pesantren yang belum mengkonstruksi (menata ulang sistemnya) maka akan terkesan menutup diri dari gerak lajunya globalisasi dan modernisasi. Padahal sebagai lembaga pendidikan yang berbasis Islam, seyogyanya pesantren mampu memosisikan dirinya menjadi agen perubahan masyarakat, bukan malah sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan tentang pola sistem pesantren salafiyah, faktor terjadinya rekonstruksi sistem pendidikan pesantren salafiyah di Majlis Tarbiyatul Mubtadi-īn (MTM) Pondok Pesantren Kempek Palimanan Cirebon dan strategi yang digunakannya dalam menghadapi peradaban modern. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah bahwa lembaga pendidikan yang berbasis pesantren mempunyai peran dalam segala aspek, tidak hanya pada aspek ukhrowi melainkan juga pada aspek kehidupan umat. Untuk menyikapi peran tersebut seiring dengan tantangan modernisasi pendidikan,pesantren salafiyah melaksanakan berbagai perubahan berkaitan dengan sistem pendidikan, kurikulum, materi dan metode pembelajaran serta evaluasi. Untuk mengumpulkan bahan kajian yang dibutuhkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Library Researsch dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah data kualitatif, maka teknik analisis yang dilakukan adalah analisis isi (content analysis). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap pimpinan,lurah pondok, keamanan pesantren, alumni, guru, santri dan wali santri.. Kesimpulan penelitian ini adalah,1.Sistem Salafiyah adalah sistem pendidikan dengan pola tradisional yang menekankan pada penguasaan kitab kuning. 2. Perlunya rekonstruksi pesantren Salafiyah karena tuntutan globalisasi dan modernisasi.3.Strategi yang diterapkan di Majlis Tarbiyatul Mubtadi-īn (MTM) adalah tiga hal : 1. Strategi Pendidikan dual mode system , 2. Strategi Keamanan melalui disiplin tata tertib pesantren, dan 3. Strategi Kepemimpinan; kepemimpinan kolektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:29
Last Modified: 12 Jun 2017 02:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item