SUKARJI, (2013) PENGARUH MANAJEMEN OPERASIONAL KEPALA MADRASAH DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs HAYYU SYIFFA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SUKARJI_505810020_ok-min.pdf Download (492kB) | Preview |
Abstract
SUKARJI : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Manajemen Operasional Kepala Madrasah dan Manajemen Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Hayyu Syiffa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan tenaga pengajar, tenaga administrasi dan siswa-siswi yang ada di MTs Hayyu Syiffa, akan tetapi dalam penelitian ini penulis hanya melibatkan siswa-siswi yang duduk dikelas IX (Sembilan). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Stratifite Random Sampling, maka sampel yang diambil adalah sebanyak 47 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah (independent) Manajemen Operasional Kepala Madrasah (X1) dan Manajemen Pembelajaran Guru (X2), sedangkan variabel terikatnya (dependent) adalah Prestasi Belajar Siswa (Y). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel Manajemen Operasional Kepala Madrasah (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil regresi diperoleh nilai 0,533 atau sebesar 53,3% dan uji t diperoleh sebesar 3,156 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilaittabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan, dk = n-2, yakni sebesar 1,68 (3,156 > 1,68), sehingga variabel Independennya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Dependenya. Artinya variabel Manajemen Operasional Kepala Madrasah (X1) berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel Manajemen Pembelajaran Guru (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil regresi diperoleh nilai 0,392 atau sebesar 39,2%. dan uji t diperoleh sebesar 2,32 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilaittabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan, dk = n-2, yakni sebesar 1,68 (2,32> 1,68), sehingga variabel Independennya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Dependenya. Artinya variabel Manajemen Pembelajaran Guru (X2) berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel Manajemen Operasional Kepala Madrasah (X1) dan Manajemen Pembelajaran Guru (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil regresi diperoleh nilai Fhitung sebesar 102,888 sedangkan Ftabel yang perhitungannya menggunakan derajat kebebasan dk = n-2, dan dengan pengujian yang di lakukan dengan tingkat keyakinan 95% (α = 0,05), di peroleh Ftabel sebesar 2,42. Dengan demikian nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (102,888 > 2,42), sehingga kedua variabel Independennya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Dependenya. Artinya secara bersama-sama variabel Manajemen Operasional Kepala Madrasah (X1) dan Manajemen Pembelajaran Guru (X2) berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa di MTs Hayyu Syiffa. Berdasarkan hasil pada tabel Model Summary dapat dilihat bahwa nilai Adjusted R Squere nya sebesar 0,816 atau sebesar 81,6%. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa besarnya Pengaruh variabel Manajemen Operasi Kepala Madrasah (X1) dan variabel Manajemen Pembelajaran Guru (X2) terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) di MTs Hayyu Syifa adalah sebesar 81,6%, sedangkan sisanya 18,4 % dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak di teliti lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 06:35 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 03:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |